Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis dimensi belajar untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala / Amiruddin

Amiruddin (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis dimensi belajar untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala / Amiruddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amiruddin, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Dimensi Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan pada Mahasiswa FKIP Unsyiah. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Try Djatmika, M.A, M.Si (II) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M (III) Dr. Hari Wahyono., M.Pd. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Kewirausahaan, Pembelajaran Dimensi Belajar oleh Marzano.     Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ikut bertanggung jawab menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi berbagai macam permasalahan yang muncul di era globalisasi melalui kegiatan tridarma. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pemberian pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu, pembenahan dan perbaikan yang terpenting dalam proses pembelajaran adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran seperti menggunakan silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), modul, dan alat evaluasi yang disampaikan oleh dosen dalam setiap kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran akan menarik ketika dikombinasikan dengan dimensi belajar yang sesuai. Salah satu cara untuk mengembangkan pembelajaran dapat dilakukan berdasarkan model lima dimensi belajar yang berorientasi pada kebiasaan berpikir produktif. Lima dimensi belajar yang dikemukakan oleh Marzano yaitu, dimensi 1 mengenai pengembangan sikap dan persepsi positif, dimensi 2 mengenai pemerolehan dan pengintegrasian pengetahuan, dimensi 3 mengenai perluasan dan penghalusan pengetahuan, dimensi 4 mengenai penggunaan pengetahuan secara bermakna, dan dimensi 5 mengenai kebiasaan berfikir produktif. Melalui pembelajaran Marzano tersebut diharapkan mahasiswa mempunyai keinginan berprestasi dan ketekunan, orisinalitas dan kreativitas, berorientasi tugas dan hasil, berpandangan masa depan, teknik pengambilan risiko dan kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, SAP dan modul kewirausahaan yang berbasis dimensi belajar model Marzano, agar hasil belajar kewirausahaan mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dapat ditingkatkan. Responden penelitian adalah mahasiswa program studi PKK jurusan Tata Boga dan Tata Busana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 53 responden yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup yang dilengkapi pertanyaan terbuka dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, serta uji beda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modul kewirausahaan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dari 25 mahasiswi kelas eksperimen, 36% mahasiswi dinilai dengan kualifikasi nilai baik sekali dan 64% mahasiswi dinilai dengan kualifikasi baik. Sedangkan dari kelas kontrol dari 28 mahasiswi 35,71% dinilai dengan kualifikasi baik dan 64,29% dinilai dengan kualifikasi cukup. Disarankan agar dosen pengampu matakuliah kewirausahaan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis dimensi belajar model Marzano. Perlu memberi penguatan terhadap dimensi lima yang dikembangkan oleh Marzano, dimana ini diperlukan peran dosen untuk lebih intensif dalam membimbing mahasiswa terkait dengan materi yang disesuaikan antara teori dan praktek kewirausahaan, memotivasi mahasiswa, serta penyediaan sarana yang mendukung agar pembelajaran berlangsung secara kondusif. Pengembangan perangkat belajar berbasis dimensi belajar ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh dosen-dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan sebagai bahan referensi baru. Selain itu, dosen memiliki kemauan yang keras serta kemampuan untuk memotivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran dan terutama untuk melakukan praktek kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya untuk lembaga yang bersangkutan dibutuhkan kesiapan terkait untuk mendukung pelaksanaan Modul Kewirausahaan Berbasis Dimensi Belajar, terutama dalam penyediaan sarana dan prasarana praktek pembelajaran yang disarankan dalam modul.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64796

Actions (login required)

View Item View Item