Pengembangan model pembelajaran discovery berbasis budaya lokal untuk meningkatkan life and career skills (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Iniversitas Negeri Manado) / Jerry R.H Wuisang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran discovery berbasis budaya lokal untuk meningkatkan life and career skills (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Iniversitas Negeri Manado) / Jerry R.H Wuisang

Wuisang, Jerry R.H (2014) Pengembangan model pembelajaran discovery berbasis budaya lokal untuk meningkatkan life and career skills (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Iniversitas Negeri Manado) / Jerry R.H Wuisang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jerry R.H Wuisang. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Berbasis Budaya Lokal untuk meningkatkan Life and Career Skills (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado). Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor Prof. Dr. F. Danardana Murwani MM Ko-Promotor (I) Prof. Dr. Agus Suman SE DEA Ko-Promotor (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Budaya Lokal Life and Career Skills. Studi ini dilandasi oleh fakta yang terungkap bahwa belum terciptanya keterampilan life and career skills dikalangan mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado. Masalah-masalah sosial yang muncul akibat dari fenomena ini cukup mengganggu pihak lembaga antara lain ditandai dengan belum terserap secara maksimal di lapangan pekerjaan hal ini terjadi karena para lulusan belum memiliki keterampilan life and career skills yang memadai. Selama ini dalam proses pembelajaran masih menggunakan model dan metode mengajar yang konvensional dan mengikuti apa yang ada tanpa disertai dengan inovasi serta motivasi untuk memanfaatkan potensi yang ada dilembaga mata kuliah kewirausahaan lebih banyak memberikan pengenalan pengetahuan nilai serta norma dengan mengabaikan proses tindakan nyata menemukan solusi terhadap masalah serta internalisasi nilai budaya lokal yang lebih nyata. Oleh karena itu diperlukan inovasi yang nyata dalam model pembelajaran discovery dilandasi dengan prinsip pembelajaran sosial dengan memanfaatkan instrumen budaya lokal untuk meningkatkan life and careers skills mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menjelaskan permasalahan serta kebutuhan akan suatu model pembelajaran discovery berbasis budaya lokal (2) mengembangkan model pembelajaran discovery berbasis budaya lokal (3) mengetahui efisiensi dan efektivitas model pembelajaran Discovery berbasis budaya lokal untuk meningkatkan life and career skills. 12288 12288 12288 Dalam kajian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall (1983) dipadukan dengan prinsip-prinsip design konstruktivistik yang bernuansa kolaboratif pengembangan yang terintegrasi serta model akhir yang terbuka dan bersifat fleksibel. Penelitian ini dilakukan dalam tahapan-tahapan seperti (1) studi pendahuluan dengan melakukan analisis permasalahan dan kebutuhan (2) penyusunan model awal uji produk awal melalui validasi ahli dan uji terbatas (3) Produk akhir dengan melewati berbagai tahapan yaitu uji lapangan dengan pre eksperimen menggunakan rancangan static group comparison. Tahapan ini data dijaring dengan menggunakan kuesioner panduan FGD penilaian berbasis proyek dan penilaian penyajian tulisan. Secara keseluruhan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif presentase sederhana serta kuantitatif berupa uji t sampel independen berbantuan software SPSS for windows. 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini maka didapat hasil-hasil yaitu (1) Implementasi model pembelajaran discovery di Fakultas Ekonomi belum maksimal bahkan cenderung konvensional tanpa inovasi dan motivasi hal ini terbukti pada tidak terpenuhinya kebutuhan dan potensi budaya lokal. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan mahasiswa memerlukan sentuhan yang lebih nyata dengan menggunakan model pembelajaran discovery berbasis budaya lokal dengan menggunakan prinsip pembelajaran sosial. (2) Design yang dihasilkan bertumpu pada 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran prosedur dan penilaian. Dari hasil pengembangan model maka dihasilkan produk yaitu perangkat pembelajaran kewirausahaan (Silabus RPP Buku Ajar). (3) Pengujian yang dilakukan awal menunjukkan bahwa secara langsung model dan produk yang dihasilkan sudah baik. Berdasarkan uji lapangan melalui rancangan static group comparison menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan life and career skills mahasiswa antara kelas eksperiman dengan kelas statis. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diberikan beberapa rekomendasi (1) Lembaga yang lain dapat mengadopsi model pengembangan ini agar dapat memaksimalkan potensi budaya lokal diintegrasikan dengan potensi mahasiswa dalam meningkatkan life and career skills (2) Untuk pengembangan yang lebih lanjut bisa diimplementasikan dalam mata kuliah yang lain dengan mengambil dimensi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64795

Actions (login required)

View Item View Item