Pengaruh pembel;ajaran ekonomi di sekolah, pendidikan ekonopmi di keluarga terhadap perilaku ekonomi siswa melalui sikap belajar ekonomi dan economic literacy (studi pada siswa SMA Negeri di Kota Malang tahun 2012/2013) / Lilik Sri Hariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembel;ajaran ekonomi di sekolah, pendidikan ekonopmi di keluarga terhadap perilaku ekonomi siswa melalui sikap belajar ekonomi dan economic literacy (studi pada siswa SMA Negeri di Kota Malang tahun 2012/2013) / Lilik Sri Hariani

Hariani, Lilik Sri (2014) Pengaruh pembel;ajaran ekonomi di sekolah, pendidikan ekonopmi di keluarga terhadap perilaku ekonomi siswa melalui sikap belajar ekonomi dan economic literacy (studi pada siswa SMA Negeri di Kota Malang tahun 2012/2013) / Lilik Sri Hariani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hariani Lilik Sri 2014 Pengaruh Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Pendidikan Ekonomi di Keluarga Terhadap Perilaku Ekonomi Siswa Melalui Sikap Belajar Ekonomi dan Economic Literacy (Studi pada Siswa SMA Negeri di Kota Malang Tahun 2012/2013). Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Promotor (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M. (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (III) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata kunci Pembelajaran Ekonomi Pendidikan Ekonomi di Keluarga Sikap Economic Literacy dan Perilaku Ekonomi Siswa Perilaku ekonomi siswa merupakan dampak dari pendidikan formal dan informal. Usaha untuk menanamkan sikap dan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) perlu terus dikaji baik dalam pembelajaran ekonomi di sekolah maupun pendidikan ekonomi di keluarga sehingga dapat menghasilkan siswa yang mampu berperilaku ekonomi di masa yang akan datang. Permasalahan pokok penelitian ini adalah masih banyak ditemui bahwa siswa dalam membeli dan menggunakan barang tidak didasarkan pada pertimbangan yang rasional dan memiliki kencenderungan untuk mengkonsumsi sesuatu tanpa batas di mana mereka lebih mementingkan faktor keinginan dari pada kebutuhan. Dalam melakukan konsumsi siswa belum bisa bertindak sesuai dengan prinsip ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis 1) pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi 2) pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi melalui sikap belajar ekonomi 3) pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi melalui economic literacy 4) pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku ekonomi 5) pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku ekonomi melalui sikap belajar ekonomi dan 6) pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku ekonomi melalui economic literacy siswa SMAN di kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional jumlah populasi 994 siswa jumlah sampel 290 siswa dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes dan analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran ekonomi di sekolah tidak berpengaruh terhadap perilaku ekonomi 2) pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku ekonomi melalui sikap belajar ekonomi 3) pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku ekonomi melalui economic literacy 4) pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh terhadap perilaku ekonomi 5) pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap perilaku ekonomi melalui sikap belajar ekonomi dan 6) pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap perilaku ekonomi melalui economic literacy siswa SMA Kota Malang. Berdasarkan temuan tersebut disarankan 1) sekolah mengembangkan laboratorium ekonomi sebagai pusat sumber belajar ekonomi bagi siswa untuk itu sekolah perlu menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi 2) guru ekonomi sebaiknya meningkatkan intensitasnya dalam mengembangkan pembelajaran melalui telaah kritis kurikulum dan dalam menentukan tujuan pembelajaran ekonomi sebaiknya tidak hanya berorientasi pada ranah kognitif tetapi juga ranah afektif dan psikomotorik 3) orang tua hendaknya selalu memperhatikan dan memberikan pengawasan serta bimbingan kepada anak-anaknya dan 4) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian untuk siswa SMA secara umum dan juga untuk siswa SMK bidang bisnis dan manajemen dengan menggunakan instrumen yang sudah baku.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64792

Actions (login required)

View Item View Item