Sukardi (2014) Pengembangan model mulok kewirausahaan berbasis keunggulan lokal untuyk meningkatkan kecakapan vokasional siswa SMA di KOta Mataram / Sukardi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sukardi. 2013. Pengembangan Model Mulok Kewirausahaan Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Kecakapan Vokasional Siswa SMA di Kota Mataram. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Danardana Murwani M.M. (II) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M. (III) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci Pengembangan Model Mulok Kewirausahaan Keunggulan Lokal dan Kecakapan Vokasional. Gejala yang teramati dan menjadi fokus kajian ini adalah belum terbentuknya keterampilan kerja pada lulusan SMA yang berdampak pada ketergantungan pada pekerjaan yang ada 9 74% lulusan menjadi pengangguran terdidik dan menjadi Tenaga Kerja Indonesia dengan keterampilan terbatas. Permasalahan lain yang muncul yaitu hanya 25% lulusan yang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi 1 73% putus sekolah dan belum termasuk yang rentan putus sekolah. Disisi lain lembaga pendidikan SMA belum mampu meningkatkan mutu dan relevansinya khususnya melalui mata pelajaran muatan lokal kewirausahaan padahal potensi untuk memberdayakan siswa terbuka luas dengan ketersediaan keunggulan lokal sebagai lapangan usaha. Mulok Kewirausahaan yang ada lebih menekankan pada pengenalan pengetahuan nilai norma kewirausahaan dan belum pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam memanfaatkan keunggulan lokal. Oleh karenanya diperlukan inovasi dan rekonstruksi sosial Mulok Kewirausahaan dengan memanfaatkan keunggulan lokal sebagai instrumen pembentukan kecakapan vokasional siswa SMA agar dapat mengurangi permasalahan sosial tersebut. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan potret permasalahan dan kebutuhan model Mulok Kewirausahaan berbasis keunggulan lokal (2) mengembangkan model Mulok Kewirausahaan berbasis keunggulan lokal dan (3) mengetahui keefektifan model Mulok Kewirausahaan berbasis keunggulan lokal dalam meningkatkan kecakapan vokasional siswa SMA Negeri di Kota Mataram. Secara metodologis untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam kajian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall (1983) yang dipadukan dengan prisip-prinsip desain konstruktivistik seperti kolaborasi desain dan pengembangan yang disatukan dan model akhir yang bersifat terbuka serta fleksibel. Tahapan utamanya meliputi (1) studi pendahuluan yang terdiri dari pra penelitian dan survei permasalahan dan kebutuhan (2) pengembangan produk awal yang terdiri dari penyusunan desain model penyusunan prototipe produk model secara partisipatif uji produk awal melalui uji validasi ahli dan uji terbatas dan (3) uji produk akhir/uji lapangan dalam bentuk pre eksperimen dengan menggunakan rancangan static group comparison. Data pada tahap uji produk dijaring menggunakan kuesioner panduan focus group discussion penilaian berbasis proyek dan penilaian penyajian lisan. Keseluruhan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif berupa persentase sederhana dan kuantitatif berupa uji t sampel independen dengan bantuan software SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. (1) Pelaksanaan Mulok Kewirausahaan SMA Negeri di Kota Mataram belum optimal terindikasi pada materi dan pelaksanaan pembelajaran yang kurang memperhatikan kebutuhan siswa dan potensi keunggulan lokal. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa produksi kerajinan perhiasan emas/perak/mutiara menjadi prioritas sebagai substansi Mulok Kewirausahaan dengan menggunakan pembelajaran berorientasi konstruktivisme sosial. (2) Desain model yang dikembangkan terdiri dari 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran (tujuan mata pelajaran standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator) prosedur pembelajaran (pengorganisasian materi penyampaian materi dan pengelolaan pembelajaran) dan penilaian. Dari rancangan model dihasilkan produk berupa (a) rumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar (b) silabus (c) buku ajar (d) buku panduan pembelajaran (e) media pembelajaran (f) rencana pelaksanaan pembelajaran dan (g) perangkat penilaian. (3) Hasil uji produk awal menunjukkan bahwa secara keseluruhan rancangan model dan produk model yang dihasilkan pada kategori sangat baik. Hasil uji lapangan melalui rancangan static group comparison menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kecakapan vokasional siswa antara kelas eksperimen dengan kelas statis. Hasil penelitian dan pengembangan mengindikasikan bahwa model Mulok Kewirausahaan berbasis keunggulan lokal efektif dalam membentuk kecakapan vokasional siswa. Selain itu baik guru maupun siswa memberikan respon yang positif dan sangat baik terhadap model yang dihasilkan dilihat dari aspek relevance reflection interaction tutor support peer support dan interpretation. Berdasarkan kesimpulan tersebut (1) saran pemanfaatan yaitu SMA yang memprogramkan Mulok Kewirausahaan agar mengadopsi model ini SMA yang menerapkan kurikulum 2013 juga mengadaptasi model ini pengambil kebijakan untuk mengembangkan program peningkatan relevansi pendidikan dan siswa sebagai sumber belajar utama dan sumber praktik wirausaha secara langsung (2) saran desiminasi ditujukan kepada SMA melalui sosialiasi penggandaan workshop implementasi melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dan atau lesson study. Bagi pengambil kebijakan dapat menyebarluaskan model ini melalui penggandaan training of trainer (TOT) menfasilitasi sekolah untuk membuat program workshop Diklat atau workshop khusus penyebarluasan model menfasilitasi sekolah menerapkannya melalui PTK dan atau lesson study dan pengemasan secara digital dan (3) saran pengembangan produk lanjut untuk peneliti seperti pengembangan untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam kurikulum 2013 perluasan substansi model fokus pada aspek kewirausahaan lainnya pengembangan dalam bentuk digital pengujian untuk lembaga pendidikan non formal perluasan subyek perluasan komponen model dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64791 |
Actions (login required)
View Item |