Penerapan model disvovery learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas 2 SDN Banjararum 01 Kecamatan Singosari / Arsy Romadhonissa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model disvovery learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas 2 SDN Banjararum 01 Kecamatan Singosari / Arsy Romadhonissa

Romadhonissa, Arsy (2017) Penerapan model disvovery learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas 2 SDN Banjararum 01 Kecamatan Singosari / Arsy Romadhonissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romadhonissa Arsy. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di SDN Banjararum 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Tri Widjaja M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Pembelajaran IPA Model Discovery Dari observasi yang dilaksanakan peneliti di kelas 2B SDN Banjararum 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dalam tiga komponen yaitu peran guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa (1) Guru telah berusaha membuat siswa mengaktifkan potensi siswa dengan mengajar menggunakan metode tanya jawab demonstrasi dan ceramah pada mata pelajaran IPA pada materi perubahan wujud benda. Namun hanya terdapat dua siswa yang berpartisipasi (2) Siswa belum menunjukkan aktivitas sebagai pembelajar yang ditunjukkan dengan berbicara dengan teman saat pelajaran keluar bangku merauti pensil dan menulis disaat guru melarang menulis (3) Akibat yang ditimbulkan dari 2 komponen (peran guru dan aktivitas siswa) yaitu hasil belajar yang rendah. Terdapat 13 siswa yang belum mampu mencapai KKM mata pelajaran IPA yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang menggunakan model discovery learning pada materi kegunaan matahari dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas milik Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam siklus 1 dilaksanakan 2 pertemuan dan di siklus 2 dilaksanakan 1 pertemuan. Setiap pertemuan dalam siklus terdiri dari empat tahap yang berurutan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subyek penelitian yaitu 1 guru kelas dan 21 siswa kelas 2B SDN Banjararum 01. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning pada guru mengalami peningkatan dibuktikan pada siklus I 88% dan pada siklus II meningkat menjadi 97%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dibuktikan dengan data aktivitas di siklus I yang memperoleh persentase keberhasilan sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 76%. Hasil belajar siswa mengalami peningkata dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I 67% meningkat 9% menjadi 76%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas 2 SDN Banjararum 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang mengalami peningkatan. Ditunjukkan dengan peningkatan peran guru aktivitas siswa dan hasil belajar. Untuk peneliti lanjutan diharapkan dapat menerapkan pada kelas rendah utamanya kelas 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item