Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap literasi keungan dan perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya / Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap literasi keungan dan perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya / Susanti

Susanti (2013) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap literasi keungan dan perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya / Susanti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti. 2013. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Siswa SMA Negeri di Surabaya. Disertasi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Prof. Dr. J.G Nirbito M.Pd. (II). Dr. Sunaryanto M. Ed. (III) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Pendidikan keuangan di keluarga pembelajaran ekonomi di sekolah teman sebaya literasi keuangan perilaku keuangan. 12288 12288 12288 12288 Dalam rangka mencapai kebebasan keuangan pengetahuan dan implementasi atas praktik keuangan pribadi perlu dimiliki dan dilakukan oleh setiap orang. Buruknya perilaku keuangan diantara orang dewasa dan anak-anak memberikan kerugian pada diri mereka sendiri dan masyarakat. Literasi keuangan dan perilaku keuangan sangat penting untuk dimiliki anak sejak kecil. Anak perlu dipersiapkan sejak kecil untuk memiliki literasi keuangan dan perilaku keuangan. Persiapan ini sebagai langkah awal sebelum mereka mempunyai otorisasi/kewenangan untuk memutuskan keuangan saat mereka berkeluarga. Pada saat berkeluarga harapannya kehidupan anak lebih baik daripada kedua orang tua mereka. Faktor pendidikan keuangan di keluarga pembelajaran ekonomi di sekolah dan teman sebaya dipilih dalam penelitian ini untuk menguji keterkaitan dengan literasi keuangan dan perilaku keuangan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Pendidikan keuangan di keluarga berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (2) Pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (3) Teman sebaya berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (4) Pendidikan keuangan di keluarga berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (5) Pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (6) Teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (7) Literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (8) Pendidikan keuangan dikeluarga berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (9) Pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya dan (10) Teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa yang menyebar di lima kawasan yaitu SMA di kawasan Surabaya barat Surabaya timur Surabaya pusat/tengah Surabaya utara dan Surabaya selatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturalkan berdasarkan SEM (Structural Equation Modelling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows NT. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini menghasilkan simpulan yaitu (1) Pendidikan keuangan di keluarga tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (2) Pembelajaran ekonomi di sekolah tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (3) Teman sebaya tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (4) Pendidikan keuangan di keluarga berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (5) Pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (6) Teman sebaya tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya. (7) Literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (8) Pendidikan keuangan di keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya (9) Pembelajaran ekonomi di sekolah tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya dan (10) Teman sebaya tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui literasi keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya. Implikasi pada temuan penelitian adalah (1) Implikasi teoritis (a) Hasil temuan penelitian dapat menambah kajian teoritis bagi khasanah pengembangan ilmu pengetahuan mengenai kajian perilaku keuangan literasi keuangan pendidikan keuangan di keluarga pembelajaran ekonomi di sekolah dan teman sebaya (b) Hasil temuan penelitian ini juga dapat digunakan untuk mendesain materi-materi dan penyusunan rencana pembelajaran atau modul khusus yang berhubungan dengan literasi keuangan (2) Implikasi praktis (a) Memberikan kesadaran kepada orang tua tentang pentingnya menanamkan literasi keuangan bagi anak yang masih di bawah kendali orang tua sehingga ketika anak dewasa bisa berperilaku keuangan yang sehat (b) Guru bertanggungjawab dalam menyampaikan materi ekonomi secara aplikatif dengan tujuan siswa menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupannya sehari-hari sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan literasi keuangan siswa dan akhinya siswa dapat berperilaku keuangan yang sehat (c) Pentingnya para pembuat kebijakan kurikulum SMA yaitu departemen pendidikan dan kebudayaan untuk melakukan pengkajian ulang tentang kurikulum dan kualitas guru ekonomi (d) Memberikan kontribusi bagi lembaga pendidikan baik formal maupun non formal untuk ikut memberikan dukungan proses sosialisasi pentingnya menanamkan literasi keuangan sejak dini dalam mata pelajaran ekonomi sehingga anak bisa berperilaku keuangan yang sehat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64787

Actions (login required)

View Item View Item