Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kegunaan dan penguasaan akuntansi terhadap efikasi diri dengan mediasi sikap atas penggunaan aplikasi komputer akuntansi (MYOB) siswa SMK di Surabaya / Agung Listiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kegunaan dan penguasaan akuntansi terhadap efikasi diri dengan mediasi sikap atas penggunaan aplikasi komputer akuntansi (MYOB) siswa SMK di Surabaya / Agung Listiadi

Listiadi, Agung (2013) Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kegunaan dan penguasaan akuntansi terhadap efikasi diri dengan mediasi sikap atas penggunaan aplikasi komputer akuntansi (MYOB) siswa SMK di Surabaya / Agung Listiadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agung Listiadi 2013. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Kegunaan dan Penguasaan akuntansi terhadap Efikasi diri dengan Mediasi Sikap atas Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi (Myob) Siswa SMK di Surabaya. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. JG. Nirbito M.Pd (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd (III) Prof. Dr. Bambang Sugeng SE MA MM.Ak (L). Key word Persepsi dalam myob Sikap atas myob Efikasi diri dalam myob. Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan yang pesat keberadaan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam membantu mempermudah pekerjaan khususnya dalam profesi akuntansi. Dalam profesi akuntansi diperlukan adanya kemampuan dalam menguasai teknologi informasi (aplikasi computer akuntansi). Untuk membentuk kemampuan akan penguasaan teknologi informasi maka di SMK jurusan akuntansi dibelajarkan aplikasi computer akuntansi yaitu myob. Balitbang Puskur Kemendiknas menemukan masih terbatasnya sarana prasana dan penguasaan teknologi informasi oleh seluruh komponen sekolah. Hasil pemetaan permasalahan di SMK ditemukan bahwa masih terdapat keterbatasan didalam penguasaan TI dan sarana yang ada (Dirjen Dikdasmen SMK). Disinilah letak kesenjangan antara misi dan kenyataan yang ada. Hasil penelitian pada mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Gajah Mada (UGM) ditemukan bahwa dilihat dari tingkat kecemasan berkomputer responden memiliki tingkat kecemasan yang berbeda-beda. Distribusi frekuensi kecemasan berkomputer menunjukkan angka 52 8% responden yang tidak technophobia 40% menunjukkan technophobia rendah dan sebanyak 7 2% responden menunjukkan technophobia tinggi menurut Ali (2008 16). Penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnya tentang hubungan antara persepsi penguasaan akuntansi sikap dan efikasi diri hanya terbatas menguji hubungan antar variabel baik secara parsial maupun simultan saja sehingga belum diketahui secara pasti peran sikap dalam memediasi hubungan antar variabel dependent dan independent. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mediasi sikap terhadap pengaruh persepsi kemudahan penggunaan kegunaan dan penguasaan akuntansi terhadap efikasi diri. Pengembangan uji mediasi adalah untuk memperkaya eksplanasi kajian tentang peran sikap dalam memediasi persepsi kemudahan penggunaan persepsi kegunaan dan penguasaan akuntansi dengan efikasi diri terhadap penggunaan aplikasi komputer akuntansi (myob). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Target populasi adalah siswa SMK jurusan akuntansi yang sekolahnya telah mendapatkan ISO 9001 tahun 2008 sejumlah 433 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik proporsional random sampling atas 208 siswa SMK jurusan akuntansi dengan menggunakan teknik analisis uji analisis jalur (Path) dan uji sobel (uji mediasi). Hasil dan temuan penelitian mampu menjelaskan menguatkan dan mengkonfirmasi persepsi kemudahan penggunaan persepsi kegunaan dan penguasaan akuntansi terhadap efikasi diri dengan mediasi sikap terhadap penggunaan aplikasi komputer akuntansi (myob). Ketiga variabel yaitu persepsi kemudahan penggunaan persepsi kegunaan dan penguasaan akuntansi terkonfirmasi menjadi prediktor bagi sikap terhadap penggunaan aplikasi komputer akuntansi (myob). Sedangan sikap sendiri terkonfirmasi menjadi prediktor bagi efikasi diri. Uji mediasi menghasilkan pola hubungan yaitu persepsi kemudahan penggunaan dan penguasaan akuntansi tidak dapat dijelaskan secara langsung terhadap efikasi diri tanpa melalui mediasi sikap terhadap penggunaan aplikasi komputer akuntansi (myob). Sedangkan pola hubungan persepsi kegunaan dengan efikasi diri dapat dijelaskan baik secara langsung ataupun melalui mediasi sikap terhadap penggunaan aplikasi komputer akuntansi (myob). Dari pola mediasi dapat timbul konsistensi/inkonsistensi dalam sikap. Pola full mediasi terbentuk dari konsistensi yang positif sedangkan pola parsial mediasi terbentuk dari konsistensi yang negatif. Pola full mediasi terjadi dari persepsi kemudahan penggunaan dan penguasaan akuntansi terhadap sikap membawa implikasi persepsi kemudahan penggunaan dan penguasaan akuntansi tidak dapat secara langsung mempengaruhi efikasi diri. Sehingga implikasi full mediasi persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap adalah peningkatan persepsi secara positif meningkatkan sikap penerimaan atas penggunaan myob peningkatan sikap secara positif meningkatkan kadar efikasi diri siswa. Demikian juga dengan penguasaan akuntansi semakin siswa menguasai akuntansi secara positif meningkatkan sikap penerimaan siswa atas penggunaan myob peningkatan sikap secara positif meningkatkan kadar efikasi diri. Pola parsial mediasi pada persepsi kegunaan membawa implikasi secara langsung dapat mempengaruhi efikasi diri ataupun secara tidak langsung melalui sikap. Peningkatan persepsi kegunaan secara positif meningkatkan efikasi diri Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa sikap yang dimaknai dalam konteks kognisi afeksi dan konasi mampu memediasi hubungan antara persepsi kemudahan penggunaan kegunaan dan penguasaan akuntansi terhadap efikasi diri. Untuk kepentingan yang lebih luas tidak hanya pada bidang pendidikan semata penelitian dimasa yang akan datang dapat diarahkan pada penggunaan aplikasi sistem informasi publik dengan menambahkan variabel dependen cost dan benefit serta variabel independent penggunaan aktual. Untuk menguatkan persepsi dan sikap adalah dengan mencegah terjadinya disonansi kognitif dan mengupayakan terbentuknya konsonan relationship. Pembelajaran dengan menggunakan software aplikasi komputer akuntansi (myob) hendaknya meminimalisasi terjadinya technophobia. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi technophobia adalah dengan menyusun mata pelajaran yang terintegrasi antara akuntansi dan tehnologi informasi pada semester sebelumnya sebagai prerequisite. Pemakaian software aplikasi komputer akuntansi (myob) hendaknya selalu di up date dan original sehingga dapat memperlancar proses pengoperasian myob serta pengajar aplikasi computer akuntansi di sekolah mendapatkan sertifikat atas penguasaan myob dari myob Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64785

Actions (login required)

View Item View Item