Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto / Lisa Rokhmani - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto / Lisa Rokhmani

Rokhmani, Lisa (2013) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto / Lisa Rokhmani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokhmani Lisa. 2013. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Ekonomi Siswa SMA Kota Mojokerto. Disertasi Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu S M.M. (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (III) Hj. Siti Malikah Thowaf M.A. Ph.D. Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Pendidikan Ekonomi di Keluarga Pendidikan Ekonomi di Sekolah Pengetahuan Dasar Ekonomi (Literasi Ekonomi) Teman Sebaya Perilaku Ekonomi Siswa 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan menduduki posisi sentral dalam pembangunan dan sasaran dari pendidikan adalah manusia. Pendidikan diharapkan menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga dalam pelaksanaanya diharapkan memperhatikan lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan akan mempengaruhi hasil pendidikan maupun perilaku individu. Banyak faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi diantaranya adalah faktor sosial ekonomi orang tua pendidikan ekonomi dalam keluarga pendidikan ekonomi di sekolah literasi ekonomi maupun teman sebaya. Untuk itu maka dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA kota Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut (1) Pengaruh tingkat status sosial ekonomi orang tua terhadap pendidikan ekonomi dalam keluarga siswa SMA Kota Mojokerto (2) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto (3) Pengaruh pendidikan ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi Siswa SMA Kota Mojokerto (4) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap Literasi Ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto (5) Pengaruh Pendidikan pendidikan ekonomi di sekolah terhadap Literasi Ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto (6) Pengaruh Literasi Ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto (7) Pengaruh teman sebaya terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto (8) Pengaruh tidak langsung tingkat Status sosial ekonomi terhadap perilaku ekonomi melalui pendidikan ekonomi dalam keluarga (9) Pengaruh tidak langsung Pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku ekonomi melalui Literasi Ekonomi (10) Pengaruh tidak langsung Pendidikan ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi melalui Literasi Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2011-2012 SMA kota Mojokerto yang berjumlah 1.564 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 310 siswa. Sesuai dengan rumusan masalah serta hipotesis yang diuji dalam penelitian ini maka teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Analisis jalur (Path Analisis). Hasil-hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan didapatkan hasil antara lain sebagai berikut (1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap pendidikan ekonomi dalam keluarga siswa SMA Kota Mojokerto (2) Pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto. (3) Pendidikan ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap perilaku ekonomi Siswa SMA Kota Mojokerto. (4) Pendidikan ekonomi dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap Literasi Ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto. (5) Pendidikan pendidikan ekonomi di sekolah tidak berpengaruh terhadap Literasi Ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto. (6) Literasi Ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto. (7) Teman sebaya tidak perpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Kota Mojokerto. (8) Status sosial ekonomi berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku ekonomi melalui pendidikan ekonomi di keluarga. (9) Pendidikan ekonomi di keluarga tidak berpengaruh langsung terhadap perilaku ekonomi melalui Literasi Ekonomi. (10) Pendidikan ekonomi di sekolah tidak berpengaruh langsung terhadap perilaku ekonomi melalui Literasi Ekonomi. Berdasarkan kesimpulan yang berhasil dirumuskan dapat disusun beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi guru hendaknya selalu memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pelatihan yang terkait dengan proses pembelajaran pelaksanaan lesson study serta memanfaatkan kegiatan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ekonomi (2) Bagi orang tua hendaknya melakukan dan memperkuat pendidikan ekonomi dalam keluarga sehingga diperlukan pembiasaan dan keteladanan atau contoh nyata dalam aktifitas berkonsumsi dan menabung serta melibatkan anak untuk mengevaluasi dan mengkritisi perilaku ekonomi masyarakat baik yang positif dan negatif (3) Bagi Dinas Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas kebijakan terutama yang berkaitan dengan perbaikan kurikulum dan pengembangan kompetensi serta profesionalitas guru pada umumnya dan guru ekonomi pada khususnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan terkait proses pembelajaran (4) Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah pendidikan ekonomi maupun pembelajaran ekonomi. Bisa dilakukan melalui merefleksikan penelitian ini pada daerah-daerah lain atau pengembangan variabel-variabel baru seperti gaya hidup motivasi kebutuhan kepribadian persepsi budaya yang belum dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64784

Actions (login required)

View Item View Item