Pengaruh pengalaman belajar ekonomi, praktik kerja industri, literasi ekonomi, dan persepsi tentang dunia kerja terhadap sikap produktif siswa (studi pada SMK Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di Kabupaten Malang) / Endah Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman belajar ekonomi, praktik kerja industri, literasi ekonomi, dan persepsi tentang dunia kerja terhadap sikap produktif siswa (studi pada SMK Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di Kabupaten Malang) / Endah Andayani

Andayani, Endah (2013) Pengaruh pengalaman belajar ekonomi, praktik kerja industri, literasi ekonomi, dan persepsi tentang dunia kerja terhadap sikap produktif siswa (studi pada SMK Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di Kabupaten Malang) / Endah Andayani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengalaman Belajar Ekonomi Prakerin Literasi Ekonomi Persepsi tentang Dunia Kerja Sikap Produktif. Pengalaman adalah guru yang paling baik oleh karena itu belajar melalui pengalaman langsung dengan konsep learning by doing menjadi penting. Pengalaman belajar dalam materi ekonomi memiliki peran penting dalam menumbuhkan melek ekonomi serta membentuk sikap rasional terutama pada pengambilan keputusan ekonomi. Hal ini selaras dengan karakteristik pendidikan kejuruan yang diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja serta menekankan pada penguasaan pengetahuan keterampilan sikap dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Upaya penerapan konsep link and match dapat dilakukan melalui Prakerin yang dalam implementasinya mendekatkan dunia usaha/industri dengan sekolah untuk menyiapkan tenaga kerja terlatih yang dikembangkan agar dapat meningkatkan potensi siswa secara optimal maka persepsi tentang dunia kerja yang positif akan bersinergi dengan aktifitas yang dilakukan sehingga terbentuk sikap produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) pengaruh pengalaman belajar ekonomi terhadap literasi ekonomi 2) pengaruh pengalaman belajar ekonomi terhadap persepsi tentang dunia 3) pengaruh pengalaman belajar ekonomi terhadap sikap produktif 4) pengaruh Prakerin terhadap literasi ekonomi 5) pengaruh Prakerin terhadap persepsi tentang dunia kerja 6) pengaruh Prakerin terhadap sikap produktif 7) pengaruh literasi ekonomi terhadap persepsi tentang dunia kerja 8) pengaruh literasi ekonomi terhadap sikap produktif dan 9) pengaruh persepsi siswa tentang dunia kerja terhadap sikap produktif . Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian survei sehingga variabel-variabel penelitian ini dilihat sebagaimana adanya tanpa memperoleh perlakuan apapun atau tidak dimanipulasikan (not be manipulated). Populasi penelitian ini adalah siswa SMK (Bisnis Manajemen) se-Kabupaten Malang meliputi sekolah negeri dan sekolah swasta dengan meneliti siswa kelas XI dan XII dan terdaftar tahun 2011/2012 sejumlah 6062 siswa pada 37 SMK. Sampel penelitian ini sebanyak 362 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara sampling estimasi proporsi tanpa pengulangan (sampling without replacement) dengan penetapan tingkat kesalahan sebesar 5% dengan menggunakan metode proporsionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner wawancara dan dokumentasi. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah model persamaan struktural (Structural Equation Modeling SEM) dengan program Lisrel 8.50. Berdasarkan uji kesesuaian model (overall model fit test) hasil analisis menunjukkan terdapat kesesuaian antara model dengan data hal ini terlihat dari nilai goodness of fit yang telah memenuhi kriteria. Temuan hasil penelitian secara detail adalah sebagai berikut 1) pengalaman belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi ekonomi 2) pengalaman belajar ekonomi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap persepsi tentang dunia kerja 3) pengalaman belajar ekonomi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap sikap produktif 4) Prakerin berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi ekonomi 5) praktik kerja industri (Prakerin) berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi tentang dunia kerja 6) Prakerin berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap sikap produktif 7) literasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi tentang dunia kerja 8) literasi ekonomi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap sikap produktif dan 9) persepsi tentang dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap produktif. Temuan penelitian ini membawa implikasi secara teoritik bahwa variabel pengalaman belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi ekonomi Prakerin berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi ekonomi dan tentang dunia kerja literasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi tentang dunia kerja dan persepsi siswa tentang dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap produktif pada siswa SMK di Kabupaten Malang. Dengan demikian sikap produktif secara langsung dapat dipengaruhi oleh persepsi tentang dunia kerja dan secara tidak langsung akan ikut dipengaruhi oleh pengalaman belajar ekonomi Prakerin dan literasi ekonomi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64780

Actions (login required)

View Item View Item