Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan sub tema Lingkungan Rumahku pada siswa kelas 1 SDN Gondanglegi Wetan 01 Kabupaten Malang / Mirna Yulifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan sub tema Lingkungan Rumahku pada siswa kelas 1 SDN Gondanglegi Wetan 01 Kabupaten Malang / Mirna Yulifa

Yulifa, Mirna (2017) Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan sub tema Lingkungan Rumahku pada siswa kelas 1 SDN Gondanglegi Wetan 01 Kabupaten Malang / Mirna Yulifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulifa Mirna. 2017. Pengembangan Media Kartu Kata untukMelatihKeterampilanMembacaPermulaanSub TemaLingkunganRumahkupada SiswaKelas 1 SDN GondanglegiWetan 01 Kabupaten Malang. Skripsi. JurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Rumidjan M.Pd. (2) Dra. SitiUmayaroh S.Pd M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Kartu Kata MembacaPermulaan SD. Hasilwawancaradanobservasi pada guru kelas 1 SDN GondanglegiWetan 01 bahwa (1) siswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran halinidisebabkankarenasiswakurangsiapmenerimapembelajaran kurangnyainteraksidengan guru (2) pemilihandanpenggunaanstrategi pendekatansertametodepembelajaran yang dilaksanakanoleh guru kurangsesuaiserta(3) dalampembelajaran guru sudahmenggunakan media alatperagatetapi media yang digunakanhanyaterbuatdarikertasbiasa yang ditulisdenganbolpoinsaja. Sehingga media yang digunakankurangmenarikperhatiansiswa. Berdasarkanobservasitersebutmakapenelitiinginmembuatpembelajaranberbedadengansebelumnyayaitumenggunakan media kartu kata. Tujuanpenelitianiniyaitu (1) untukmenghasilkanprodukberupa media kartu kata untukmelatihketerampilanmembacapermulaandan(2) untukmengujikelayakanproduk media kartu kata untukmelatihketerampilanmembacapermulaan. Penelitianinidirancangmenggunakanpenelitianpengembanganmerujukdari Borg dan Gall yang harusdivalidasiterlebihdahuluoleh para ahliuntukmengetahuitingkatkevalidanproduk yang dikembangkan. Subjekdaripenelitianiniadalahsiswakelas 1 SDN GondanglegiWetan 01 KecamatanGondanglegiKabupaten Malang sejumlah 30siswa. Tahappenelitianini (1) Penelitiandanpengumpulan data (2) Perancanganprodukawal (3) Pengembangandrafproduk (4) Validasiahli (5) Revisiprodukawal (6) Ujicobaproduk (7) Revisiprodukakhirhasilujicoba. Dalampenelitianinimenggunakanduajenis data yaitukuantitatifdankualitatif. Data kualitatifdiperolehdarihasiltinjauandosenahliberupa saran danmasukansedangkan data kuantitatifdiperolehdariujikevalidandanujikelayakanoleh para ahli. Berdasarkanvalidasidariahlidiperoleh data sebagaiberikut (1) Ahli media 90 59% (2) Ahli materi 96 42% (3) Ahli pengguna 82 7%. Berdasarkanhasilujicobakelompokkecildiperoleh data sebagaiberikut (1) Kesenangan 100% (2) Keamanan 100% (3) Kemudahan 100% (4) AspekBahasa 93 75%.Berdasarkanujicobakelompokbesardiperoleh data sebagaiberikut (1) Kesenangan 97 16% (2) Keamanan 100% (3) Kemudahan 96 33% (4) Aspek Bahasa 96 34%. Berdasarkan data yang telahdiperoleh di atasmakaproduk media kartu kata inidapatdigunakantanparevisisebagaisalahsatualternatifpembelajaran Bahasa Indonesia untukmelatihketerampilanmembacapermulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item