Analisis pengaruh latar belakang religiusitas, tingkat sosial ekonomi dan rasionalitas terhadap kepuasan serta loyalitas nasabah Bank BNI Syari'ah Malang / Amin Kuneifi Alfachmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh latar belakang religiusitas, tingkat sosial ekonomi dan rasionalitas terhadap kepuasan serta loyalitas nasabah Bank BNI Syari'ah Malang / Amin Kuneifi Alfachmi

Elfachmi, Amin Kuneifi (2013) Analisis pengaruh latar belakang religiusitas, tingkat sosial ekonomi dan rasionalitas terhadap kepuasan serta loyalitas nasabah Bank BNI Syari'ah Malang / Amin Kuneifi Alfachmi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Religiusitas Sosial Ekonomi Rasionalitas Kepuasan dan Loyalitas. Lembaga keuangan syari ah merupakan bagian dari konsep yang lebih luas tentang ekonomi Islam dimana tujuannya sebagaimana dianjurkan oleh para ulama adalah memperkenalkan sistem nilai dan etika Islam ke dalam lingkungan ekonomi. Karakteristik sistem perbankan syari ah yang beroperasi di Indonesia didasarkan pada prinsip bagi hasil yang mendatangkan keuntungan bukan hanya pada bank tetapi juga bagi masyarakat serta menonjolkan aspek keadilan dalam bertransaksi investasi yang beretika mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan dalam berproduksi dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan. Pemahaman dan sosialisasi terhadap masyarakat tentang produk dan sistem perbankan syari ah di Indonesia masih sangat terbatas. Keberadaan bank (konvesional dan syari ah) secara umum memiliki fungsi strategis sebagai lembaga intermediasi dan memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran namun karakteristik dari kedua tipe bank (konvensional dan syari ah) dapat mempengaruhi perilaku calon nasabah dalam menentukan preferensi mereka terhadap pemilihan antara kedua tipe bank tersebut. Faktor utama nasabah mempertahankan hubungannya atau tetap loyal pada bank syari ah adalah ketaatan mereka terhadap prinsip-prinsip syari ah. Nasabah memutuskan untuk tetap mempertahankan bank syari ah berkaitan dengan masalah keimanan dan keyakinan terhadap pengharaman riba bagi umat Islam. Faktor agamis yaitu adanya pemahaman terhadap agama yang dianut merasa yakin bahwa yang dilakukan tidak bertentangan dengan agama atau sesuai dengan perintah agama memahami bahwa menabung diperbankan syari ah untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat. Nasabah memilih bank syari ah adalah keuntungan emosional atau emotional benefit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas tingkat sosial ekonomi dan rasionalitas nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research yaitu penelitian yang melakukan pengumpulan data sedemikian rupa untuk menjelaskan hubungan sebab akibat (kausal) antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis sehingga memungkinkan diperoleh suatu kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis menggunakan Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Lisrel 8.8 Hasil penelitian menunjukkan religiusitas tingkat sosial ekonomi dan rasionalitas berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Temuan ini menunjukkan bahwa secara empiris kepuasan dan loyalitas nasabah menggunakan jasa Bank Syari ah di Indonesia ditentukan oleh variabel religiusitas tingkat social ekonomi dan rasionalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64776

Actions (login required)

View Item View Item