Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kerja guru ekonomi pascasertifikasi di SMK Negeri se-malang Raya / Chatarina Sri Hartati - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kerja guru ekonomi pascasertifikasi di SMK Negeri se-malang Raya / Chatarina Sri Hartati

Hartati, Chatarina Sri (2012) Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kerja guru ekonomi pascasertifikasi di SMK Negeri se-malang Raya / Chatarina Sri Hartati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci KeefektifanKerja Kompetensi Kepemimpinan Komitmen Motivasi Sertifikasi Guru Pendidikan yang bermutumerupakansyaratutamadalammewujudkankehidupanbangsa yang maju modern dansejahtera.Faktorutama yang mempengaruhimutupendidikanadalahtenaga guru.Dalammeningkatkanmutupendidikantersebutpemerintahberupayadenganmelaksanakansertifikasi guru.Namunfenomena yang munculadalahsetelahdilaksanakansertifikasitidakterjadipeningkatanmutupendidikan.Untukitu penelitianinidiarahkanuntukmencarifaktor-faktor yang menyebabkanbelummeningkatnyamutupendidikandenganmenitikberatkanpadaefektifitaskerja.Padapenelitianinivariabelkompetensidan kepemimpinan kepala sekolah adalah variabeleksogen sedangkanvariabellainnyabersifat endogen.Variabel tersebut adalahkomitmen guru motivasi guru dankeefektifankerja guru ekonomipascasertifikasi. Penelitianinidigolongkansebagaipenelitianexplanatorydenganmenggunakanpendekatankuantitatif. Unit analisisdalampenelitianadalahkeseluruhan guru ekonomi SMK Negeri di wilayah Malang Raya denganpopulasi 107 guru darisembilanbelassekolah yang telahmenerimasertifikatpendidik. Instrumenmenggunakankuesioner yang diukureksistensivariabelnyadenganujivaliditasdanujireliabilitas.Berdasarkanrancanganpenelitian data dianalisisdenganmenggunakanduapendekatanyaitupendekatananalisisdeskriptifdanpendekatananalisisinferensial.HubunganantarvariabelinidimodelkandenganmenggunakanStructural Equation Modeling (SEM). Hasilpenelitianmenemukan bahwa kompetensiguru tidakberpengaruhsignifikanterhadapkeefektifankerja guru apabilatidakditunjangdenganvariabelmotivasi guru sedangkan kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan kerja guru apabila tidak ditunjang dengan variabel komitmen guruataumotivasi guru.Kekuatan kompetensi terlihat pada kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Sedangkan kepemimpinan kepala sekolah menjadi kuat karena memiliki peran suggesting catalyzing dansupervisor ability. Selanjutnya penelitianmenunjukkanbahwakomitmen berpengaruhsignifikanterhadapkeefektifan guru karena adanya kekuatan motivasi intrinsik. Sedangkan kepemimpinan kepala sekolahsangat berpengaruh terhadap keefektifan kerja guru karena adanya kekuatan pada afektif komitmen dan normatif komitmen juga karena adanya kekuatan motivasi intrinsik terhadap keefektifan kerja guru. Saran dari hasil penelitianadalahuntukkepalasekolahdanpara guru.Kepalasekolahdalammembuat keputusan harusmenyesuaikandengankebutuhanjangkapendekdanpanjangsekolahdenganmenyerapaspirasidari guru.Saran bagi guru adalahuntukselalumenambahkompetensikhususnyakompetensikepribadiandansosial yang membantusekolahmenjadilebihterarah.Disamping itu guru yang telah memperoleh sertifikasi dengan kualitas yang dimiliki dapat meningkatkan komitmen dan motivasi dengan memfokuskan pada peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial. Bagi kepala sekolah hendaknya strategi yang dibuat kepala sekolah disesuaikan dengan peran kepala sekolah sebagai suggesting catalyzing dansupervisor ability untuk meningkatkan keefektifan guru.Bagi Dinas Pendidikan hendaknya rekrutmen guru dan kepala sekolah didasarkan pada hasil uji kompetensi masing-masing guru maupun kepala sekolah sebagai upaya peningkatan keefektifan kerja guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64773

Actions (login required)

View Item View Item