Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SDN Kanigoro 04 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Fike Apriliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SDN Kanigoro 04 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Fike Apriliyanti

Apriliyanti, Fike (2017) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SDN Kanigoro 04 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Fike Apriliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliyanti Fike. 2017. PeningkatanHasilBelajarMatematikaMelalui Model Team Assisted Individualization (TAI)PadaSiswaKelas IV SDN Kanigoro 04 KecamatanKanigoroKabupatenBlitar Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasardanPrasekolah. FIP UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (2) Dra. Widayati M.H. Kata kunci peningkatanhasilbelajar bilanganromawi model Team Assisted Individualization (TAI) Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpadapembelajaran di kelas IV B SDN Kanigoro 04 KecamatanKanigoroKabupatenBlitar diperoleh 1) guru tidakmemahamimodel-model pembelajaransehingga guru melaksanakanpembelajaranjarangmenggunakan model-model pembelajaran yang aktif 2) guru jarangmenggunakan media pembelajaran 3) guru jarangmemberikanevaluasiakhirterhadapsiswa padaakhirpembelajaranhanyaberdoadanpulang. Sedangkanpermasalahan yang munculdarisiswayaitu 1) beberapaanakketika proses belajarmengajar di kelasberbicaradanmengganggutemansebangku 2) siswakurangtermotivasiuntukbelajar di kelas 3) terdapatbeberapasiswa yang mendominasikelas karenapadasaat guru memberikanpertanyaanhanya 4 siswa yang berebutuntukmenjawab. 4) siswa yang pasifcenderungberdiamdiridanbermainsendiri. Penelitian yang dilakukanmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas yang dilaksanakanduasiklus danpadasetiapsiklusmemilikitahapan-tahapanyaknitahapperencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi.Teknikpengumpulan data yakniobservasi wawancara tes dokumentasi dancatatanlapangan.Instrument yang digunakanadalahpedomanwawancara pedomanobservasi dansoalevaluasi. Hasilpenelitianmenggunakan model Team Assisted Individualization (TAI)membuatsiswalebihtermotivasidanaktifdalampembelajaran. Hal inidapatdibuktikanyakni rata-rata hasilbelajarpratindakan 58 siklus I adalah 71 57dansiklus II adalah 91 03. Ketuntasanbelajarklasikalpadapratindakansebesar 18% dengankriteriakurang padasiklus I sebesar 71% dengankriteriacukup danpadasiklus II sebesar 91% denganpredikatbaiksekali. Kesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapan model Team Assisted Indiividualization (TAI) dapatmeningkatkanaktivitas guru siswadandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Disarankan guru dapatmenerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) padapembelajaranmatematikadenganmateribilanganromawi agar tercapainyatujuanpembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6477

Actions (login required)

View Item View Item