Analisis kelayakan buku ajar ekonomi mikro dari perspektif ekonomi Pancasila / Gatot Sujono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kelayakan buku ajar ekonomi mikro dari perspektif ekonomi Pancasila / Gatot Sujono

Sujono, Gatot (2012) Analisis kelayakan buku ajar ekonomi mikro dari perspektif ekonomi Pancasila / Gatot Sujono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci buku ajar ekonomi mikro content analysis kesalahan konsep Sistem Ekonomi Pancasila. Buku ajar merupakan salah satu sumber utama pembelajaran. Namun realitanya telah ditemukan beberapa kesalahan konsep pada beberapa buku ajar Ekonomi Mikro yang disusun oleh penulis Indonesia sehingga buku-buku tersebut menjadi tidak layak sebagai sumber pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengevaluasi kelayakan buku-buku ajar Ekonomi Mikro yang disusun penulis Indonesia dilihat dari aspek kebenaran konsep dan kecukupan cakupannya. Di samping itu buku-buku ajar Ekonomi Mikro dari para penulis Indonesia adalah berazaskan neo-liberalisme yang sesungguhnya tidak sesuai dengan sistem poltik sosial dan budaya bangsa Indonesia. Hal ini membawa pemikiran para pembuat kebijakan ekonomi yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia. Akibatnya pembangunan ekononomi Indonesia tidak menghasilkan masyarakat adil-makmur sebagaimana dimaksud Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Oleh karena itu penelitian ini menolak Ekonomi Mikro berperspektif neo-klasik untuk digantikan dengan Sistem Ekonomi Pancasila. Penilitian analitik deskriptif ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) terhadap 14 buku ajar Ekonomi Mikro yang disusun oleh para pengajar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain Dr. Prathama Rahardja dkk Dr. Agus Prianto MPd Dr. Boediono Dr. Ari Sudarman MEc. Dr. Faried Wijaya M.A Ida Nuraini SE MSi Dr. Masyhuri Dr. Soediyono Reksoprayitno Dr. Suharno TS SU Dr. Suherman Rosyidi Dr. Trenggonowati dan Dr. Wilson Bangun SE MSi. Penelitian menghasilkan temuan bahwa 14 buku ajar yang diteliti ternyata semuanya memiliki kesalahan konsep. Di samping itu 12 buku ajar (85 71%) dari 14 buku ajar Ekonomi Mikro yang diteliti ternyata tidak memiliki cukup cakupannya (subject matters). Berdasarkan kedua temuan ini maka disimpulkan bahwa buku ajar Ekonomi Mikro yang disusun penulis Indonesia dianggap tidak layak sehingga perlu dilakukan revisi sebagaimana mestinya. Dengan realita bahwa semua buku ajar Ekonomi Mikro di Indonesia berazaskan pada neo-liberalisme maka penelitian sekaligus membandingkannya dengan Sistem Ekonomi Pancasila. Perbandingan ini diharapkan menjadi dasar penyusunan buku ajar Ekonomi Mikro berspektif Sistem Ekonomi Pancasila.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64769

Actions (login required)

View Item View Item