Gudat, Sebastianus (2012) Pengaruh strategi pembelajaran kewirausahaan, sosek orang tua, sikap kewirausahaan, minat kewirausahaan terhadap kesiapan kerja mandiri mahasiswa PPS di Kota Malang / Sebastianus Gudat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengaruh Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Minat Kewirausahaan Mahasiswa dan Kesiapan Kerja Mandiri Mahasiswa. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kesiapan kerja mandiri mahasiswa dalam memasuki persaingan dunia kerja. Untuk tercapainya kesiapan kerja mandiri mahasiswa yang optimal diperlukan adanya dukungan kualitas pembelajaran kewirausahaan latar belakang sosial ekonomi orang tua sikap kewirausahaan mahasiswa minat kewirausahaan mahasiswa. Beberapa masalah yang teridentifikasi di lapangan yakni masih belum tertatanya strategi pembelajaran kewirausahaan yang baik latar belakang sosial ekonomi orang tua yang kurang mendukung dalam berwirausaha kurangnya sikap dan minat kewirausahaan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran kewirausahaan latar belakang sosial ekonomi orang tua sikap kewirausahaan mahasiswa minat kewirausahaan mahasiswa dengan kesiapan kerja mandiri mahasiswa PTS di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 8 PTS di Malang dengan total 105 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner observasi wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa. Koefisien jalur pengaruh langsung kedua variabel adalah 0 463. Maknanya adalah strategi pembelajaran kewirausahaan yang semakin baik akan dapat meningkatkan sikap kewirausahaan mahasiswa 2) Strategi pembelajaran kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kewirausahaan mahasiswa. Meskipun tidak berpengaruh secara signifikan antara kedua variabel tersebut apabila indikator strategi pembelajaran kewirausahaan tersebut diperbaiki dan ditingkatkan maka akan meningkat pula minat kewirausahaan mahasiswa 3) Latar belakang sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa. Meskipun tidak berpengaruh secara signifikan antara kedua variabel tersebut apabila indikator latar belakang sosial ekonomi orang tua tersebut semakin baik maka akan semakin baik pula terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa 4) Latar belakang sosial ekonomi orang berpengaruh signifikan terhadap minat kewirausahaan mahasiswa. Koefisien jalur pengaruh langsung kedua variabel adalah 0 546. Maknanya adalah latar belakang sosial ekonomi orang yang semakin baik akan akan dapat membantu terhadap minat kewirausahaan mahasiswa 5) Sikap kewirausahaan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mandiri mahasiswa. Koefisien jalur pengaruh langsung kedua variabel adalah 2 655. Maknanya adalah sikap kewirausahaan mahasiswa yang semakin baik akan memberikan peningkatan dukungan moril pada kesiapan kerja mandiri mahasiswa dan 6) Minat kewirausahaan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mandiri mahasiswa. Koefisien jalur pengaruh langsung kedua variabel adalah 0 493. Maknanya adalah minat kewirausahaan mahasiswa yang semakin meningkat dan baik akan memberikan peningkatan pada kesiapan kerja mandiri mahasiswa Berdasarkan penelitian tersebut maka disarankan 1) Melakukan perbaikan dan penataan urutan penyajian isi mata kuliah kewirausahaan 2) Peningkatan dan perbaikan media pembelajaran kewirausahaan 3) Penataan penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran kewirausahaan 4) Peningkatan kemajuan belajar mahasiswa 5) Peran serta aktif orang tua (tanpa membedakan latar belakang sosial ekonomi yang dimiliki) dalam memberi dukungan dan memotivasi anak didiknya dalam rangka menumbuhkembangkan sikap kewirausahaan mahasiswa dan minat kewirausahaan mahasiswa 6) Menciptakan keberanian mencoba berwirausaha dan perencanaan yang baik untuk berwirausaha dan 7) Peningkatan pengetahuan kewirausahaan mahasiswa melalui a) pengetahuan kewirausahaan selama di bangku kuliah b) fasilitas sarana dan prasarana yang cukup memadai selama mengikuti perkuliahan di kampus c) memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk mengatasi kegagalan dalam berwirausaha d) memiliki pengetahuan manajemen sumber daya manusia yang memadai untuk berwirausaha e) memiliki pengetahuan manajemen keuangan yang memadai untuk berwirausaha dan f) mengetahui cara terbaik untuk memulai usaha mandiri.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64764 |
Actions (login required)
View Item |