Pengembangan paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga untuk ibu rumah tangga anggota PKK di Kota Malang (dengan pendekatan design-based research) / Suparti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga untuk ibu rumah tangga anggota PKK di Kota Malang (dengan pendekatan design-based research) / Suparti

Suparti (2012) Pengembangan paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga untuk ibu rumah tangga anggota PKK di Kota Malang (dengan pendekatan design-based research) / Suparti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo M.M (2) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (3) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D Kata-kata kunci paket pembelajaran pengelolaan keuangan investasi keluarga Untuk dapat memenuhi kebutuhanya kepala keluarga harus memiliki pendapatan. Kepala keluarga harus dapat melakukan pekerjaan yang memungkinkan yang bersangkutan memperoleh penghasilan dalam upaya pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok keluarga. Tentu saja kebutuhan ini dapat dipenuhi secara bertahap dengan melakukan pengelolaan keuangan keluarga sebaik mungkin sehingga alokasi pendapatan dapat seimbang atau jika memungkinkan lebih dari kebutuhan pokok keluarga. Pada dasarnya fungsi ekonomi keluarga akan dapat dijalankan dengan baik jika keluarga mampu mengelola ekonominya. Ekonomi keluarga intinya terletak pada pendapatan yang diperoleh dari hasil kerja atau berbagai macam usaha yang dilakukan kepala keluarga dan anggotanya. Pendapatan inilah yang harus dikelola oleh keluarga supaya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan seefisien dan seefektif mungkin. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga yang menarik dan memudahkan fasilitator dan warga belajar dalam proses prembelajaran. Paket pembelajaran tersebut berupa panduan pembelajaran untuk fasilitator dan bahan ajar untuk warga belajar (ibu rumah tangga). Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) mengindetifikasi kebutuhan masyarakat khususnya ibu rumah tangga tentang paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga (2) mendesain kerangka konseptual paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga (3) menyusun secara fisik prototipa paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga berupa panduan kegiatan pembelajaran untuk Fasilitator dan bahan ajar untuk warga belajar dan (4) mengkaji kelayakan paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga melalui serangkaian uji coba dengan melibatkan semua pengguna (fasilitator dan warga belajar). Model pengembangan desain Paket Pembelajaran Pengelolaan Keuangan dan Investasi Keluarga (PK IK) menggunakan pendekatan model Design-Based Research. Sedangkan aplikasi Design-Based Research dalam pengembangan dan 1 implementasi paket pembelajaran PK IK peneliti mengadaptasi dari Model 6-Fase yang dikembangkan Peffers dkk..Subyek penelitian adalah ibu rumah tangga yang aktif menjadi anggota PKK berasal dari 5 kecamatan di wilayah Kota Malang. Data diperoleh melalui FGD kuesioner free interview dan observasi langsung. Analisis data kuantitatif mengunakan persentase dan analisis data kualitatif menggunakan analisis isi. Kriteria kelayakan hasil produk pengembangan berupa PK IK digunakan kualifikasi tingkatan dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian dan pengembangan ini menyimpulkan bahwa (1) adanya kebutuhan masyarakat khususnya ibu rumah tangga terhadap pembelajaran PK IK sedangkan jalur edukasi dan sosialisasi belum memiliki tempat dan program yang jelas (2) perumusan paket pembelajaran PK IK dilaksanakan melalui kolaborasi antara peneliti pengguna (fasilitator dan warga belajar) dan tim ahli melalaui FGD (3) desain prototipa paket pembelajaran PK IK menurut penilaian tim ahli tidak ditemukan kesalahan yang prinsip dan mendasar sehingga layak untuk ditindak lanjuti uji coba di lapangan (4) hasil uji coba paket pembelajaran PK IK menunjukkan hasil layak digunakan hal ini dibuktikan (a) dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga belajar dan hasil aplikasi dalam kehidupan sehari-hari warga belajar terhadap perencanaan pengaturan keuangan keluarga semakin meningkat dan (b) fasilitator menyatakan bahwa panduan kegiatan pembelajaran dan bahan ajar mudah dipahami dan dapat membantu dalam proses pembelajaran dan (c) warga belajar menyatakan bahwa isi bahan ajar mudah dipahami dan petunjuk pelaksanaan tugas/latihan sudah jelas dan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mereka. Implikasi dari temuan penelitian ini antara lain pada pendidikan ekonomi tepatnya pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga. Dan aplikasi andragogi dalam Pendidikan Luar Sekolah. Saran yang disampaikan terutama berkaitan dengan keperluan pengembangan lebih lanjut terhadap produk perlu dirancang (1) program pelatihan dan uji kompetensi dalam upaya memperoleh fasilitator yang kompeten untuk menjaga kelangsungan sosialisasi paket pembelajaran yang telah dihasilkan dan (2) memasukkan paket pembelajaran pengelolaan keuangan dan investasi keluarga ke kurikulum muatan lokal pada jalur pendidikan formal pada satuan pendidikan minimal SMP.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64759

Actions (login required)

View Item View Item