Strategi pengembangan objek wana wisata melalui pemberdayaan kewirausahaan masyarakat sekitar hutan (studi pada pengembangan objek wana wisata sendangbiru Malang dengan memberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan) / Wahju Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengembangan objek wana wisata melalui pemberdayaan kewirausahaan masyarakat sekitar hutan (studi pada pengembangan objek wana wisata sendangbiru Malang dengan memberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan) / Wahju Wibowo

Wibowo Wahju (2011) Strategi pengembangan objek wana wisata melalui pemberdayaan kewirausahaan masyarakat sekitar hutan (studi pada pengembangan objek wana wisata sendangbiru Malang dengan memberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan) / Wahju Wibowo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Agus Suman SE. DEA (2) Dr. Sunaryanto M.Ed. (3) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd. Kata-kata kunci strategi pengembangan object wana wisata pemberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan Maraknya penjarahan hutan dan lahan hutan di pulau Jawa dan Madura yang terjadi saat krisis ekonomi tahun 1998 menyebabkan hancurnya hutan dan ekosistem yang ada. Secara langsung maupun tidak kerusakan hutan tersebut berdampak pada keberadaan objek wana wisata sebagai sarana rekreasi yang menyuguhkan keindahan alam. Perum Perhutani sebagai pemangku wilayah yang memiliki kewenangan mengelola dan tanggungjawab untuk memelihara dan melestarikan hutan yang berkelanjutan. Dalam membangun dan mengembangkan objek wana wisata harus mampu mamadukan mengakomodasi memfasilitasi berbagai kepentingan yang ada dan melibatkan serta memberdayakan masyarakat sekitar hutan. Diharapkan masyarakat sekitar hutan akan merasa ikut memiliki dan menjaga kelestarian hutan guna pengelolaan objek wana wisata yang berkelanjutan. Titik temu keterpaduan berbagai kepentingan tersebut sebagai dasar menyusun dan menemukan strategi dalam pengembangan objek wana wisata. Penelitian ini difokuskan untuk menyusun dan menemukan strategi pengembangan obyek wana wisata yang akan digunakan sebagai dasar pemberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan yang merupakan strategi pengembangan objek wana wisata Sendangbiru. Guna mengkaji lebih mendalam hal tersebut dapat dilakukan dengan (1) Menemukan strategi pengembangan objek wana wisata sendangbiru (2) Perencanaan Implementasi strategi pengembangan objek wana wisata Sendangbiru (3) Perencanaan Pemberdayaan sikap kewirausahaan yang dilakukan dengan pembelajaran kewirausahaan pada masyarakat sekitar hutan objek wana wisata Sendangbiru. Secara lebih spesifik tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan objek wana wisata Sendangbiru yang dilakukan dengan pemberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan. Sejalan dengan fokus penelitian maka kajian penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Mendeskripsikan temuan strategi pengembangan objek wana wisata sendangbiru (2) Mendeskripsikan perencanaan implementasi strategi pengembangan objek wana wisata sendangbiru (3) Mendeskripsikan perencanaan pemberdayaan sikap kewirausahaan yang dilakukan dengan pembelajaran kewirausahaan pada masyarakat sekitar hutan objek wana wisata Sendangbiru Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Strategi pengembangan produk merupakan strategi temuan dalam pengembangan objek wana wisata (2) Perencanaan Implementasi strategi pengembangan produk objek wana wisata sendangbiru dilakukan dengan penataan ruang kawasan dalam 4 (empat) zonasi pengembangan. Zonasi tersebut guna memperjelas dan mengatur peruntukan serta pemanfaatan tata guna kawasan (3) Perencanaan pemberdayaan sikap kewirausahaan masyarakat sekitar hutan dalam pengembangan objek wana wisata dilakukan dengan pembelajaran kewirausahaan guna mengangkat dan menumbuhkan sikap kewirausahaan yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar hutan. Sikap kewirausahaan yang berkembang dalam masyarakat sekitar hutan diarahkan pada keterlibatan masyarakat pada pemanfaatan zona/kawasan III dan IV sebagai pekerja pedagang operator kegiatan wahana wisata objek wana wisata Sendangbiru. Temuan penelitian berimplikasi teoritis pada bidang ekonomi manajemen kewirausahaan manajemen strategis kepariwisataan dan pendidikan ekonomi Direkomendasikan bahwa sebaiknya dalam pemberdayaan sikap kewirausahaan dilakukan dengan singkron dan selaras dengan strategi pengembangan objek wana wisata. Karena pemberdayaan sikap kewirausahaan merupakan suatu upaya untuk mempertemukan antara kebutuhan perusahaan dan hasil proses dalam pemberdayaan sikap dengan pembelajaran kewirausahaan secara praktis. Dimana Perum Perhutani merancang dan merencanakan pekerjaan dan kebutuhan akan tenaga kerja dan melalui pemberdayaan masyarakat kebutuhan tersebut dipenuhi tenaga kerja dari masyarakat sekitar hutan. Terbuka dan terpenuhinya lapangan pekerjaan di objek wana wisata akan meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar hutan. Diharapkan kebutuhan pengunjung objek wana wisata Sendangbiru akan jasa layanan wisata bisa terpenuhi dan terpuaskan dengan baik. Sehingga akan meningkatkan jumlah pengunjung/wisatawan yang akan memberi kontribusi positif dalam meningkatkan pendapatan penjualan tiket masuk bagi Perum Perhutani. Terciptanya hubungan yang baik antara Perum Perhutani dan masyarakat sekitar hutan diharapkan bisa menggerakkan perekonomian desa dan terjaganya kelestarian hutan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64752

Actions (login required)

View Item View Item