Pelaksanaan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 di SD seKecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rivat Rachmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 di SD seKecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rivat Rachmania

Rachmania, Rivat (2017) Pelaksanaan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 di SD seKecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rivat Rachmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmania Rivat. 2017. Pelaksanaan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar da Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa secara nyata yang meliputi aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Pelaksanaan penilaian yang belum optimal tidak terlepas dari persepsi guru tentang penilaian. Oleh karena itu persepsi guru perlu diperbaiki dengan memberikan pemahaman kepada guru tentang konsep penilaian sehingga dapat dijadikan informasi pelaksanaan penilaian di SD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) persepsi guru tentang konsep penilaian (2) perencanaan penilaian (3) pelaksanaan penilaian (4) pengolahan penilaian (5) pelaporan penilaian (6) tindak lanjut penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari guru kelas I dan IV SD di wilayah UPT Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang tersebar di 55 SD Negeri dan Swasta. Sampel penelitian ini berjumlah 40 responden yang diambil dengan teknik sampling area nonproporsional random sampling. Instrumen pengumpul data berupa kuesioner tertutup. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Dari hasil pengumpulan data diperoleh 38 angket yang layak untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang konsep penilaian sebagian besar tergolong baik (52 63%) perencanaan penilaian sebagian besar tergolong baik (57 89%) pelaksanaan penilaian sebagian besar tergolong baik (81 57%) pengolahan penilaian sebagian besar tergolong baik (39 47%) pelaporan penilian lebih dari setengah tergolong cukup baik (36 84%) dan tindak lanjut penilaian sebagian besar tergolong baik (65 78%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru SD telah melaksanakan penilaian dengan baik dapat dibuktikan dengan persepsi guru yang baik tentang konsep penilaian perencanaan penilaian yang baik pelaksanaan penilaian yang baik pengolahan penilaian yang baik pelaporan penilaian yang cukup baik dan tindak lanjut penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 dengan baik pula. Adapun saran bagi guru agar selalu mengikuti perkembangan dan perubahan aturan tentang penilaian dengan membaca panduan penilaian dan mengikuti pelatihan sehingga guru dapat melaksanakan penilaian sesuai dengan ketentuan pada Kurikulum 2013. Sedangkan bagi peneliti lain yang berminat melakukan penelitian terkait dengan Kurikulum 2013 dapat mengembangkan populasi penelitian dengan memperluas populasi serta menambahkan instrumen angket terbuka dan observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item