Pola suksesi internal pada perusahaan keluarga (studi pada tiga perusahaan keluarga etnis Jawa, Cina, dan Pendalungan di Jawa Timur) / Sentot Imam Wahjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola suksesi internal pada perusahaan keluarga (studi pada tiga perusahaan keluarga etnis Jawa, Cina, dan Pendalungan di Jawa Timur) / Sentot Imam Wahjono

Wahjono, Sentot Imam (2011) Pola suksesi internal pada perusahaan keluarga (studi pada tiga perusahaan keluarga etnis Jawa, Cina, dan Pendalungan di Jawa Timur) / Sentot Imam Wahjono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi ME (II) Prof. Dr. M. Syafi ie Idrus M.Ec. (III) Prof. Dr. JG. Nirbito. Kata-kata kunci suksesi internal perusahaan keluarga budaya bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola yang terjadi dalam proses alih kepemimpinan antar generasi dalam perusahaan keluarga (suksesi internal). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa informan kunci untuk memperoleh data pada tiga perusahaan keluarga terpilih. Untuk membangun profil data yang lebih kaya digunakan teknik wawancara mendalam dan pengamatan luar. Informan kunci adalah para pemangku kepentingan di tiga perusahaan keluarga yang mewakili masing-masing etnis Jawa Pendalungan dan Cina. Pola suksesi internal yang terjadi di tiga etnis Jawa Pendalungan dan Cina mempunyai karakter yang berbeda dikarenakan adanya perbedaan praktek budaya. Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk membuat perencanaan suksesi dan/atau saat pengumuman suksesi. Temuan ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan keluarga setelah proses suksesi berlangsung. Originalitas/nilai dari penelitian ini adalah menyumbangkan pola suksesi internal yang didesain dari perusahaan keluarga dengan latar budaya Jawa Pendalungan dan Cina di Jawa Timur. Implikasi praktis atas penelitian ini adalah bahwa budaya lokal yang melingkupi budaya organisasi hendaknya menjadi pertimbangan utama dalam melakukan suksesi internal agar kinerja perusahaan keluarga dapat dipelihara dan ditingkatkan. Sifat hubungan yang hierarkis tidak individualis proaktif memandang orang lain baik dan tidak jahat yang bersumber pada ajaran agama hendaknya dijadikan dasar bagi pembentukan budaya organisasi. Implikasi teori bagi Pendidikan Ekonomi dari hasil temuan penelitian ini adalah bahwa pendidikan ekonomi bisa berlangsung di masyarakat dan keluarga tidak hanya di sekolah saja. Pendidikan ekonomi di keluarga menjadi strategis karena keluarga merupakan tempat pengembangan yang paling baik atas tata nilai sikap dan perilaku ekonomis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64748

Actions (login required)

View Item View Item