Pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Puspita Dessytasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Puspita Dessytasari

Dessytasari, Puspita (2017) Pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Puspita Dessytasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dessytasari Puspita. 2017. Pelaksanaan Literasi di Kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd Kata kunci pelaksanaan literasi kelas 1 sekolah dasar Gerakan literasi menjadi program yang harus dilaksanakan berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 yaitu mengenai kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Gerakan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berliterasi perlu diketahui lebih dalam pelaksanaannya di sekolah. Untuk mengetahui gerakan tersebut penelitian ini dilakukan. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini diniatkan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang (2) Bahan Pustaka yang terdapat di sekolah dalam mendukung pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang (3) Pihak yang terlibat dalam pengelolaan pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang. Penelitian yang datanya diolah secara analitik dalam bentuk deskriptif naratif ini menghasilkan simpulan (1)Literasi di kelas 1 belum dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud No. 23 tahun 2015 (2) Bahan pustaka masih terbatas dan tidak memungkinkan untuk digunakan dalam kegiatan literasi dengan bacaan yang sama (3) Semua pihak sudah berupaya untuk berkontribusi dalam pelaksanaan literasi meskipun belum maksimal. Namun yang lebih berperan adalah dari pihak sekolah. Demi peningkatan dan kesempurnaan gerakan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 kota Malang gerakan literasi ini disarankan (1) Diperlukan dukungan pengadaan literatur bacaan non pelajaran (2) Petugas perpustakaan sebaiknya mencatat buku yang jumlahnya sedikit dan menyampaikan kepada orangtua siswa terkait buku yang jumlahnya sedikit di perpustakaan. Hal itu untuk mencukupi program 1 anak 1 buku dapat di penuhi (3) Pihak sekolah lebih mengintensifkansosialisasi kegiatan literasi terhadap pihak orang tua. Hal itu untuk lebih memotivasi dukungan orang tua dalam pengadaan bahan pustaka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item