Pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan ekonomi di Bandar Lampung / R. Gunawan Sudarmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan ekonomi di Bandar Lampung / R. Gunawan Sudarmanto

Sudarmanto, R. Gunawan (2010) Pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan ekonomi di Bandar Lampung / R. Gunawan Sudarmanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak faktor yang menentukan tingkat kualitas pelaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berangkat dari premis bahwa pendidikan yang bermutu memerlukan biaya secara memadai. Anggaran belanja sekolah khususnya untuk SMK Bisnis dan Manajemen sangat terbatas dan berbeda dengan pola pembiayaan di sekolah-sekolah pada umumnya. Mutu pendidikan belum optimal dan masih memungkinkan untuk ditingkatkan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar siswa SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar siswa SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan mengambil populasi Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Ekonomi di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian ditetapkan sebesar 279 yang diambil secara random. Untuk memperoleh data digunakan dokumentasi dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan biaya sosial (social cost) yang digunakan untuk membiayai pendidikan terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran (2) biaya sosial (social cost) yang digunakan untuk membiayai pendidikan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (3) adanya pengaruh yang positif dan signifikan biaya pribadi (private cost) yang digunakan untuk membiayai pendidikan terhadap prestasi belajar siswa dan (4) kualitas pelaksanaan pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kontribusi variasi variabel bebas yang berupa biaya sosial (sosial cost) biaya pribadi (private cost) dan kualitas pelaksanaan pembelajaran secara total dan bersama-sama terhadap variasi variabel terikat terakhir yaitu prestasi belajar siswa tidak dapat diabaikan. Sumbangan yang diberikan oleh variabel-variabel bebas terpilih termasuk dalam kategori yang sangat tinggi dalam membentuk variasi variabel terikat (prestasi atau hasil belajar siswa). Biaya sosial (sosial cost) biaya pribadi (private cost) dan kualitas pelaksanaan pembelajaran secara total dan bersama-sama memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu (1) sekolah dan siswa atau orang tua murid perlu membuat skala prioritas dalam penggunaan sumber dana yang ada. Dengan demikian penggunaan sumber dana yang ada dapat dioptimalkan untuk dapat mencapai efisiensi penggunaannya dan (2) sekolah perlu lebih mengoptimalkan pengelolaan biaya sosial (social cost). Optimalisasi pengelolaan biaya sosial (social cost) dapat dilakukan dengan membuat suatu perencanaan yang matang tentang penggunaan dana yang ada. Biaya sosial (sosial cost) yang terjadi pada suatu sekolah harus benar-benar didasarkan pada perencanaan yang dibuat sebelumnya dengan cermat sehingga memberikan mafaat yang lebih. Perencanaan penggunaan dana yang ada dapat dituangkan dalam bentuk rencana anggaran penerimaan dan belanja sekolah (RAPBS). Dalam penyusunan anggaran yang memadai perlu melibatkan beberapa pihak yang terkait sehingga dapat memenuhi unsur transparansi partisipasi dan akuntabilitas. Untuk dapat memberikan penekanan yang lebih kuat pihak Dinas melalui pengawas sekolah perlu melakukan pengawasan tentang RAPBS yang dibuat sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64734

Actions (login required)

View Item View Item