Pengembangan model pembelajaran berorientasi jiwa kewirausahaan pada pendidikan anak usia dini / Aniek Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran berorientasi jiwa kewirausahaan pada pendidikan anak usia dini / Aniek Indrawati

Indrawati, Aniek (2010) Pengembangan model pembelajaran berorientasi jiwa kewirausahaan pada pendidikan anak usia dini / Aniek Indrawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSRAK Indrawati Aniek. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Berorientasi Jiwa Kewirausahaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Djumilah Zain M.E (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd (III) Dr. Marthen Pali M.Psi. Kata Kunci model pembelejaran jiwa kewirausahaan pendidikan anak usia dini. Wirausaha merupakan salah satu potensi pembangunan sehingga pembangunan spirit kewirausahaan di Indonesia menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Salah satu cara meningkatkan spirit tersebut adalah melalui Pendidikan Kewirausahaan. Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia masih banyak kelemahan. Untuk itu perlu dilakukan reformasi pendidikan yang berbasiskan kewirausahaan. Langkah mendasar yang yang harus dilakukan adalah memberikan dasar pendidikan kewirausahaan dengan melalui penanaman jiwa kewirausahaan pada siswa sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menanamkan jiwa-jiwa kewirausahaan pada pendidikan anak usia dini. Secara khusus tujuan pengembangan ini diarahkan untuk menghasilkan model pembelajaran yang berorientasi pada jiwa kewirausahaan untuk siswa-siswa pada tingkat TKK Kelompok A. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada disain Dick Carey. Prosedur pengembangan model ini meliputi (1) pengidentifikasian penetapan konsep jiwa kewirausahaan (2) pengidentifikasian praktek pembelajaran yang telah dilakukan selama ini (3) merancang model pembelajaran berorientasi pada jiwa kewirausahaan (4) melakukan uji coba model pembelajaran berorientasi jiwa kewirausahaan (5) implementasi evaluasi pelaksanaan model pembelajaran. Hasil pengembangan secara konseptual menurut tanggapan / penilaian ahli rancangan pembelajaran ahli pendidikan ekonomi ahli pendidikan anak usia dini berdasarkan analisis validitas menunjukkan produk pengembangan yang dihasilkan dinyatakan tepat dan layak untuk dimanfaatkan sebagai panduan guru dalam proses pembelajaran. Secara teknis operasional dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa produk pengembangan yang diujicobakan menghasilkan perolehan belajar yang positif bagi subyek uji coba. Hasil uji validitas berada dalam skala 85% - 100% atau masuk kualifikasi sangat baik. Dari 20 orang subyek uji coba lapangan diperoleh hasil rerata nilai 3 56 sedangkan sebelum penerapan 2 56. Dengan menggunakan tekinik analisis Wilcoxon Signed Rank Test melalui program SPSS diketahui nilai Z -3.930 pada tingkat signifikansi 0 000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran setelah dan sebelum penerapan model pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Peneliti menyarankan agar bisa dilakukan pengembangan model pembelajaran pada tema-tema lain serta aspek pengembangan jiwa kewirausahaan yang lain. Disamping itu seluruh komponen sekolah harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64733

Actions (login required)

View Item View Item