Widjaja, Sri Umi Mintarti (2010) Pengembangan model pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan dengan pendekatan kontekstual dan strategi problem based learning / Sri Umi Mintarti Widjaja. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Umi Mintarti Widjaja Sri. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pendekatan Kontekstual dan Strategi Problem Based Learning. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Salladien (II) Dr. Sunaryanto M.Ed (III) Dr.H. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci pengembangan pembelajaran pendekatan kontekstual strategi problem based learning akuntansi. Mata pelajaran Akuntansi di SMK merupakan salah satu mata pel-ajaran inti di Jurusan Bisnis dan Manajemen. Mata pelajaran ini menuntut siswa memiliki ketrampilan pembukuan yang memadai untuk suatu perusahaan. Penelitian pengembangan model pembelajaran Akuntansi dengan strategi problem based learning (PBL) dan pendekatan kontekstual di SMK Negeri 1 Malang ini bertujuan (1) mengetahui masalah-masalah yang ada da-lam pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang (2) merancang model pembelajaran kontekstual dengan strategi PBL (3) mengembangkan rancangan pembelajaran kontekstual dengan strategi PBL (4) mengukur keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan dan (5) mengidentifikasi dampak langsung dan tidak langsung yang diperoleh model pembelajaran kontekstual dengan strategi PBL. Pengembangan pembelajaran yang digunakan mengacu pada model pengembangan Dick W. Carey dengan tahapan-tahapan berikut (1) mela-kukan penelitian awal lewat observasi. Kegiatan ini dilakukan untuk me-ngetahui pelaksanaan pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Akuntansi (2) melakukan perencanaan pengembangan model pembelajaran Akuntansi dengan pendekatan kontekstual dan strategi PBL dan (3) menyusun perangkat pembelajaran yang berupa silabus RPP (sebagai panduan penyusunan bahan ajar) dan evaluasi pembelajaran. Ketiga perangkat pembelajaran dianalisis dengan empat konsep yakni syntax sistem sosial prinsip-prinsip reaksi dan sistem pendukung. Penilaian terhadap keefektifan buku ajar yang disusun dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) masalah-masalah yang dihadapi SMK Negeri 1 Malang dalam pembelajaran Akuntansi adalah ku-rangnya alokasi waktu yang tersedia dalam kurikulum sehingga kegiatan mengerjakan latihan soal mengalami hambatan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan buku ajar atau buku paket siswa tidak berkenaan dengan kehidupan dan lingkungan keseharian siswa (2) perlu dilakukan metode pembelajaran bervariasi terutama dengan strategi PBL (3) dihasilkannya silabus RPP yang telah direvisi sesuai dengan kebutuhan tuntutan kerja di lapangan (4) tersusunnya buku ajar mata pelajaran Akuntansi dengan pendekatan kontekstual dan (5) informasi efektivitas buku ajar yang tersusun. Buku ajar yang tersusun telah memenuhi kelayakan sebagai bahan pembelajaran Akuntansi ditinjau dari sudut teoretis substansi materi keter-terapan model buku ajar. Demikian pula buku ajar ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 95% menunjukkan nilai yang diperoleh kelompok control t 4 274 sedangkan kelompok perlakuan t yang diperoleh lebih besar yaitu 14 040.Artinya siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan buku ajar memperoleh nilai yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dalam pembelajarannya tidak menggunakan buku ajar. Buku ajar yang tersusun ini diharapkan dapat digunakan oleh seluruh SMK yang ada di wilayah Malang Raya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya karena telah menunjukkan kemampuannya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Buku ajar perlu didiseminasikan kepada guru Akuntansi di SMK untuk memperoleh masukan dalam rangka penyempurnaannya lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64730 |
Actions (login required)
View Item |