Kantun, Sri (2009) Pengembangan model pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang berbasis proyek yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer di SMA Negeri Kabupaten Jember / Sri Kantun. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan penelitian yang mencakup Apakah model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran Apakah model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang memiliki efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran Apakah model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang memiliki daya tarik bagi siswa Adakah perbedaan signifikansi keefektifan model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer bila dibandingkan dengan model pembelajaran secara konvensional dengan pendekatan behavioristik pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang di S.M.A Negeri Kabupaten Jember Bagaimana dampak model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer di S.M.A Negeri Kabupaten Jember pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang dalam mendukung pelaksanaan tugas guru khususnya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (R.P.P) proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar Bagaimana dampak model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer di S.M.A Negeri Kabupaten Jember pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang pada kemampuan non kognitif siswa Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang didesain secara eksperimen yang sesungguhnya (True Experimental Designs). Tingkat kelayakan model pembelajaran dilakukan dengan uji validasi bahan ajar oleh penelaah ahli rancangan pembelajaran dan ahli isi bidang ilmu ahli media pembelajaran penilaian dari subyek perorangan (guru) uji coba kelompok terbatas dan uji coba kelompok lebih luas. Populasinya adalah keseluruhan siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri Kabupaten Jember pada tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 1092 siswa sedangkan seleksi pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Purposive sebanyak 528 (lima ratus dua puluh delapan) siswa yang terbagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 264 siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang berbasis proyek yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer ini efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memiliki daya tarik untuk dikembangkan. Dari 4 (empat) tahap yang dilakukan hanya pada tahap 1 yang menunjukkan nilai akuntansi siswa di kelas yang diajarkan dengan model P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer lebih rendah dibandingkan dengan nilai siswa di kelas yang diajarkan dengan model konvensional karena siswa belum memiliki persiapan yang matang untuk mendapatkan perlakuan yang sama dengan proses pembelajaran sebelumnya sedangkan pada tahap lainnya menunjukkan adanya perbedaan nilai yang cukup signifikan. Nilai akuntansi siswa di kelas eksperimen yang diajarkan dengan P.B.L yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer pada tahap 2 3 dan 4 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai akuntansi siswa di kelas yang diajarkan dengan model konvensional. Motivasi belajar siswa menunjukkan tingkatan yang tinggi siswa menjadi aktif dalam belajar akuntansi. Siswa juga menunjukkan sikap positif selama proses pembelajaran dengan model PBL yang berorientasi konstruktivistik berbantuan komputer. Dengan demikian model tersebut efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran dan merupakan salah satu model pembelajaran yang memiliki daya tarik untuk dikembangkan dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri Kabupaten Jember. Peneliti yang akan datang diharapkan benar-benar mempersiapkan perangkat penelitian yang diperlukan. Hal tersebut berkaitan dengan sumber daya manusia perangkat pembelajaran dan fasilitas media pembelajaran. Guru yang menjadi subyek penelitian perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar benar-benar memahami model pembelajaran yang diimplementasikan dan guru juga perlu diberikan pelatihan bagaimana mengoperasionalkan program aplikasi komputer akuntansi. Perangkat pembelajaran dan media pembelajaran seperti perangkat komputer dan software juga harus disediakan dalam jumlah yang memadai.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64728 |
Actions (login required)
View Item |