Hubungan antara komunikasi antarpribadi, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru mata pelajaran ekonomi, sistem imbalan untuk guru, dan iklim sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi di SMAN se Sulawesi Selatan / Herman - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara komunikasi antarpribadi, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru mata pelajaran ekonomi, sistem imbalan untuk guru, dan iklim sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi di SMAN se Sulawesi Selatan / Herman

Herman (2009) Hubungan antara komunikasi antarpribadi, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru mata pelajaran ekonomi, sistem imbalan untuk guru, dan iklim sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi di SMAN se Sulawesi Selatan / Herman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herman. 2008. Hubungan antara komunikasi antarpribadi kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru mata pelajaran ekonomi sistem imbalan untuk guru dan iklim sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Sulawesi Selatan. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. Dr. Wahjoedi ME (III) Dra. Siti Malikhah Thowaf MA. Ph.D. Kata-kata kunci komunikasi antarpribadi kepemimpinan kompetensi guru sistem imbalan iklim sekolah kinerja guru. Sekolah sebagai suatu unit organisasi pendidikan formal merupakan wadah kerja internal (kepala sekolah guru-guru staf dan siswa) dan eksternal (Keluarga masyarakat swasta maupun pemerintah) untuk mencapai tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan sekolah baik dari aspek kuantitas maupun kualitasnya sangat tergantung pada orang-orang yang tergabung di dalam lembaga sekolah itu. Sekolah harus dikelola dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan sekolah. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah tidak hanya ditentukan oleh guru-guru atau staf lainnya tetapi peranan kepala sekolah juga sangat menentukan dalam menciptakan iklim sekolah yang mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan hubungan antara komunikasi antarpribadi oleh kepala sekolah kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru mata pelajaran ekonomi sistem imbalan/kompensasi dengan iklim sekolah secara parsial dan simultan. (2) memperoleh gambaran hubungan tidak langsung antara komunikasi antarpribadi oleh kepala sekolah kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru mata pelajaran ekonomi sistem imbalan/kompensasi dengan kinerja guru melalui iklim sekolah baik secara parsial maupun secara simultan.(3) memperoleh gambaran hubungan langsung antara komunikasi antarpribadi oleh kepala sekolah kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru mata pelajaran ekonomi sistem imbalan/kompensasi dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi di SMAN se Sulawesi Selatan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survey yang menggunakan pendekatan cross sectional survey . Penelitian ini juga dikategorikan penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Subyek (populasi) penelitian adalah adalah guru mata pelajaran ekonomi SMAN di 23 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan sebanyak 710 orang melalui cluster random sampling ditetapkan sampel sebanyak 214 orang guru mata pelajaran ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara komunikasi antarpribadi kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru mata pelajaran ekonomi sistem imbalan dengan iklim sekolah baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama (2) ada hubungan tidak langsung antara komunikasi antarpribadi kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru ekonomi sistem imbalan untuk guru dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama melalui iklim sekolah (3) ada hubungan langsung yang signifikan antara komunikasi antarpribadi kepemimpinan kepala sekolah kompetensi guru ekonomi sistem imbalan/kompensasi untuk guru dan iklim sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi. Bertolak dari hasil temuan penelitian disarankan kepada beberapa pihak. Pertama disarankan kepada sekiranya kepala Dinas Pendidikan Nasional agar (1) agar dalam pengangkatan kepala sekolah memperhatikan aspek kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah.(2) untuk meningkatkan profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah perlu diciptakan sistem pendidikan dan pelatihan kepala sekolah yang mendorong terciptanya kepemimpinan.(3) Dalam membina guru-guru mata pelajaran ekonomi yang ada di Sulawesi Selatan senantiasa diperhatikan tingkat kesejahteraannya. Kedua disarankan kepada Kepala Sekolah agar (1) kepala sekolah senantiasa meningkatkan pemahaman dan keterampilan komunikasi antarpribadi dan pentingnya kepemimpinan kompetensi guru ekonomi sistem imbalan dan iklim sekolah dalam meningkatkan kinerja guru mata pelajaran ekonomi. (2) dalam pengambilan keputusan agar kepala sekolah melaksanakan tugas secara profesional. Ketiga disarankan kepada Guru agar guru-guru mata pelajaran ekonomi lebih meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kompetensi profesional dengan berusaha meningkatkan kompetensi tersebut dengan mengikuti perkembangan forum ilmiah yang ada. Keempat disarankan kepada para peneliti yang berminat meneliti tentang komunikasi antarpribadi kepemimpinan kompetensi guru ekonomi sistem imbalan/kompensasi dan iklim sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran ekonomi agar memperluas indikator-indikator penelitian karena masih terdapat banyak indikator lain yang dapat berpengaruh terhadap variabel-variabel terikat yang sudah diteliti. ABSTRACT Herman.2008. The relationship between interpersonal communication school principal leadership economic teacher competency compensation system for teacher school atmosphere and performance of the teacher of economics subject at the State Senior High Schools throughout South Sulawesi. Dissertation. Economics Education Study Program Postgraduate Program of State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr.Willem Mantja M.Pd. (II) Prof. Dr. Wahjoedi ME (III) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Key words interpersonal communication management teacher s competency compensation the school atmosphere teacher s performance. The school as a unit of formal education organization is a place where a group of people work (the school principal teachers staffs and students) to obtain the objective of education. The achievement of school objectives either in terms of quantity or quality are much determined by the people who are involved in the school institution. The school should be well-managed in order to fulfill the need and to achieve the school objectives. The successfulness of achieving the objectives of education and instruction at school is not only determined by the teachers or the other staffs but also the role of the school principal is strongly important to build the school climate that support the teaching and learning process. The aim of this research is to (1) describe significant direct relationship between interpersonal communication of the school principal the school principal leadership competency of economics teacher compensation system and the climate of the school partially and simustaneously (2) get decription of an indirect relation partially and simultaneously between interpersonal communication of the school principal the leadership of the school principal the competency of the economics teacher compensation system teacher s performance through the school climate (3) get decription of significant direct relation partially and simultaneously between interpersonal communication of the school principal the leadership of the school princinpal the competency of the teacher of economics compensation system of performance of the economics teacher at the SMANs throughout South Sulawesi partially and simulteneously. The research is a quantitative study using survey design which applies the Cross Sectional Survey approach. In addition it is also catagorized as a correlational descriptive study by applying path analysis. The population of this study was the teachers of economics at the State Senior High Schools in 23 regencies in South Sulawesi. The number of population 710 teachers and the sample were 214 teachers of economics from which the sample was taken by using cluster random sampling. Data collection was done using questionaire and documentation. The data were analyzed by employing descriptive analysis and path analysis. The result analysis shows that (1) there is a significant relation between interpersonal relation the school principal leadership the competency of the teacher of economics compensation system and the school climate either partially or simulteneously (2) there is an indirect relation between interpersonal relation the school principal leadership the competency of the teachers of economics compensation system for teachers and the performance of the teachers of economics subject at the State Senior High Schools throughout South Sulawesi of either partially or simulteneously through the school climate and (3) there is a significant relation between interpersonal relation the leadership of the school principal the competency of the teachers of economics compensation system for teachers and the school climate with the performance of the teachers of economics subject. Based on the findings of the study some suggestions are adressed to several people. Firstly to the head of national education department that (1) promoting a school principal based on the personal competence of the principal candidate (2) increasing the professional leadership of the school principal by creating education system and training which promote leadership and (3) empowering the teachers of economics in South Sulawesi by paying a special attention to their welfare. Secondly it is suggested to the school principals that (1) improving their understanding and skill of interpersonal communication and the importance of leadership the competency of economics teachers the compensation system and the school climate in improving the performance of teachers of economics (2) making a decision professionally. Thirdly teachers of economics should increase their understanding about the importance of professional competence by attending available scientific forums and conferences. Fourth to future researchers who are interested in doing research on interpersonal communication leadership competence of economics teachers compensation system school atmosphere and performance of economics teachers should widen the research indicators because there are still a lot of indicators that might affect the dependent variables that have been investigated.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64727

Actions (login required)

View Item View Item