Analisis kesalahan perilaku belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV SDN Bareng 1 Kota Malang / Mega Sukma Arinda

Arinda, Mega Sukma (2017) Analisis kesalahan perilaku belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV SDN Bareng 1 Kota Malang / Mega Sukma Arinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukma, Mega Arinda. 2017. Analisis Kesalahan Perilaku Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Kelas IV SDN Bareng 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd, M.Si, (II) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: analisis kesalahan, perilaku belajar siswa, sekolah dasar Pada pembelajaran, siswa harus mampu mengikuti setiap langkah-langkah kegiatan secara runtut yang disesuaikan dengan sintak model yang sedang digunakan pada pendekatan saintifik. Ketidakteraturan mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan oleh model pembelajaran yang sedang diterapkan dianggap sedang terjadi kesalahan-kesalahan perilaku belajar. Pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, menganalisis dan mengkomunikasikan dan didukung dengan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, psikomotor dan afektif . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdiskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Sumber data penelitian ini yaitu kegiatan belajar siswa, guru kelas sebagai informan, hasil kegiatan belajar siswa. Pengumpulan data melalui observasi pasif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan data melalui ketekunan pengamatan, trianggulasi, pengecekan anggota dan bahan referensi. Tahap-tahap penelitian antara lain melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap analisis data, dan tahap penyusunan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mendikripsikan: (1) kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek kognitif, (2) kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek psikomotor, (3) kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek afektif, dan (4) dampak dari kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) Kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek kognitif antara lain siswa tidak melakukan kegiatan mengamati, membaca teks bacaan, dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dampaknya tidak menjawab persoalan. (2) Kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek psikomotor tidak ditemukan oleh peneliti karena tidak dilakukan pelaksanaannya dilapangan. (3) Kesalahan perilaku belajar siswa dalam aspek afektif yaitu siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi dan tidak melakukan kegiatan diskusi, dampaknya siswa melakukan penyimpangan perilaku belajar contohnya menyontek. Berdasarkan hasil simpulan tersebut, disarankan kepada guru untuk memperhatikan setiap perilaku belajar setiap siswa saat pembelajaran, menegur dan memperbaiki kesalahan perilaku belajar yang dilakukan oleh siswa agar tidak terjadi kesalahan perilaku belajar yang dapat mengakibatkan kegagalan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item