Pengaruh faktor-faktor organisasional terhadap kinerja dosen pendidikan ekonomi (studi pada lembaga pendidikan tenaga kependidikan negeri di Jawa Timur) / Supriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor-faktor organisasional terhadap kinerja dosen pendidikan ekonomi (studi pada lembaga pendidikan tenaga kependidikan negeri di Jawa Timur) / Supriyanto

Supriyanto (2008) Pengaruh faktor-faktor organisasional terhadap kinerja dosen pendidikan ekonomi (studi pada lembaga pendidikan tenaga kependidikan negeri di Jawa Timur) / Supriyanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi dan pasar bebas yang terjadi saat ini manusia dihadapkan pada berbagai perubahan yang tidak menentu. Kondisi tersebut telah mengakibatkan hubungan yang tidak linier antara pendidikan dan lapangan kerja. Employee outcomes yang baik diharapkan dapat menjadi alternatif solusi hubungan yang tidak linier antara pendidikan dan lapangan kerja. Penelitian ini berangkat dari kepuasan kerja dan kinerja sebagai employee outcomes. Kepuasan kerja menjadi variabel mediator (mediator variable) yang memediasi pengaruh sejumlah variabel independen terhadap kinerja. Dalam hal ini sejumlah variabel independen yang terdiri atas budaya organisasi (organizational culture) dukungan organisasi (organizational support) hubungan atasan bawahan (leader-member exchange) dan keadilan organisasi (organizational justice) disebut sebagai faktor-faktor organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor organisasional baik terhadap kepuasan kerja maupun kinerja. Penelitian ini menggunakan rancangan survei. Populasi penelitian ini adalah semua dosen tetap pendidikan ekonomi perguruan tinggi negeri di Jawa Timur yaitu Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Jember yang berjumlah 181 dosen. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik stratifikasi (stratified random sampling) di mana stratifikasi didasarkan atas jabatan akademik dosen yaitu asisten ahli lektor lektor kepala dan guru besar. Besar sampel ditentukan berdasarkan formula Daniel dan Terrel (1989) dan terpilih 79 dosen sebagai sampel penelitian. Penelitian ini mengadaptasi sejumlah instrumen pengukuran variabel yakni instrumen budaya organisasi dari O Reilly et al. instrumen dukungan organisasi dari Eisenberger et al. instrumen hubungan atasan-bawahan dari Scandura dan Graen instrumen keadilan organisasi dari Niehoff dan Moorman dan instrumen kepuasan kerja (Minnesota Satisfaction Questionnaire versi ringkas) dari Moorman. Sebagai catatan bahwa pengadaptasian instrumen di atas merujuk instrumen versi bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Djatmika (2005). Akhirnya instrumen yang digunakan untuk mengukur kinerja dosen dikembangkan sendiri oleh peneliti berdasarkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang tercermin dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran penelitian dan penulisan karya ilmiah pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan penunjuang lainnya. Instrumen penelitian di atas divalidasi berdasarkan validitas isi (content validity) dan diuji reliabilitasnya dengan mengikuti prosedur Cronbach-Alpha. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan statistical software SPSS for Windows Release 11.00. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (2) terdapat pengaruh dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja (3) terdapat pengaruh hubungan atasan-bawahan terhadap kepuasan kerja (4) terdapat pengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja (5) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja (6) terdapat pengaruh dukungan organisasi terhadap kinerja (7) terdapat pengaruh hubungan atasan-bawahan terhadap kinerja (8) terdapat pengaruh keadilan organisasi terhadap kinerja dan (9) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja. Kesembilan pengaruh tersebut dapat disatukan menjadi empat pengaruh yang lebih utuh yaitu (1) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja secara langsung dan secara tidak langsung melalui kepuasan kerja (2) terdapat pengaruh dukungan organisasi terhadap kinerja secara langsung dan secara tidak langsung melalui kepuasan kerja (3) terdapat pengaruh hubungan atasan-bawahan terhadap kinerja secara langsung dan secara tidak langsung melalui kepuasan kerja dan (4) terdapat pengaruh keadilan organisasi terhadap kinerja secara langsung dan secara tidak langsung melalui kepuasan kerja. Menindaklanjuti hasil analisis data sebagai temuan penelitian melalui penelitian ini disampaikan sejumlah saran seperti berikut ini. Pertama peningkatan kinerja dosen dapat dicapai melalui peningkatan/perbaikan variabel-variabel yang menjadi prediktornya yaitu budaya organisasi dukungan organisasi hubungan atasan-bawahan keadilan organisasi dan kepuasan kerja. Fokusnya adalah mendahulukan perbaikan kepuasan kerja sebagai variabel mediator kinerja. Kedua penelitian di masa datang diharapkan dapat menjangkau populasi yang lebih luas misalnya menjangkau sejumlah provinsi lain selain Jawa Timur. Tujuannya agar penelitian serupa dapat memberikan hasil yang lebih general mengenai keberadaan kinerja dosen beserta sejumlah prediktornya. Ketiga penelitian di masa datang diharapkan dapat menghasilkan peningkatan kualitas pengukuran variabel (budaya organisasi dukungan organisasi hubungan atasan-bawahan keadilan organisasi kepuasan kerja dan kinerja). Maksudnya bahwa pemenuhan persyaratan validitas pengukuran tidak hanya memenuhi persyaratan validitas isi melainkan juga menjangkau pemenuhan persyaratan validitas konstruk (construct validity).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64716

Actions (login required)

View Item View Item