Suwarni (2010) Pengaruh budaya organisasi, ketrampilan manajerial kepala sekolah dan pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap kinerja guru-guru ekonomi SLTA di Kota dan Kabupaten Blitar / Suwarni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Studi ilmiah yang dilakukan untuk memberikan masukan bagi perbaikan mutu pendidikan SLTA di negara ini nampak belum banyak yang dipublikasikan jika diperhatikan penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Menengah Tingkat Atas memiliki nilai yang amat strategis karena memberikan input kepada dua bidang terpenting. Pertama adalah dunia pendidikan tinggi memerlukan input yang berkualitas baik dari SLTA untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas lulusannya agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan dunia kerja yang semakin selektif dan kompetitif saat ini. Kedua adalah masyarakat dan dunia kerja menengah memerlukan lulusan SLTA yang berkualitas untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja pada level tersebut. Mengacu kepada dua tuntutan di atas maka peneliti terdorong untuk melakukan penelitian ini guna memberikan masukan kepada pemerintah daerah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yayasan Penyelenggara Pendidikan serta para Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan SLTA di kota dan kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh budaya organisasi terhadap ketrampilan manajerial Kepala Sekolah SLTA di kota dan kabupaten Blitar (2) Pengaruh budaya organisasi dan ketrampilan manajerial Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan pengawasan Kepala Sekolah SLTA di Kota dan kabupaten Blitar (3) Pengaruh budaya organisasi ketrampilan manajerial dan pelaksanaan pengawasan Kepala Sekolah secara simultan terhadap kinerja guru-guru ekonomi SLTA di kota dan kabupaten Blitar. Subyek penelitian terdiri dari 111 orang guru ekonomi kemudian diambil sampel secara random sampling terpilih 57 orang guru-guru ekonomil. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert 5 opsi jawaban serta didukung oleh metode dokumentasi untuk mendukung kelengkapan pembahasannya. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda (analisis jalur) dengan bantuan SPSS 13.00 for Window. Hasil penelitian mengenai Pengaruh Budaya organisasi Ketrampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Pelaksanaan Pengawasan Dengan Kinerja guru-guru Ekonomi SLTA di Kabupaten Blitar. ini dilakukan pada subyek penelitian yaitu guru-guru ekonomi di kota dan Kabupaten Blitar. Penelitian berhasil mengambil data dari 57 orang responden (1) dengan komposisi 20 orang guru ekonomi SLTA di kota dan Kabupaten Blitar untuk jenis kelamin laki-laki dan 37 orang untuk jenis kelamin perempuan masa kerja kurang dari 5 tahun sebesar 6 orang 5-10 tahun sebesar 9 orang 10-15 tahun sebesar 12 orang dan lebih dari 15 tahun 30 orang status sekolah untuk sekolah negeri 14 buah sedang sekolah swasta 15 buah sekolah lokasi sekolah yang berdomisisli di kota 14 sekolah dan yang berdomisili Kabupaten 15 sekolah beban mengajar kurang dari 10 jam sebesar 4 orang 11-15 jam sebesar 14 orang 16-20 jam sebesar 12 orang 21-30 jam sebesar 27 orang. (2) Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel budaya organisasi terhadap variabel ketrampilan manajerial Kepala Sekolah SLTA di kota dan Kabupaten Blitar dengan R Square 50 2 %. Hal ini berarti bahwa 50 2 % perubahan pada varaibel ketrampilan manajerial Kepala Sekolah di kota dan Kabupaten Blitar disebabkan oleh perubahan variabel budaya organisasi sedangkan 49 8 .% disebabkan oleh faktor lain diluar variabel budaya organisasi.(3) Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel budaya organisasi dan variabel ketrampilan manajerial terhadap pelaksanaan pengawasan Kepala Sekolah SLTA di kota dan Kabupaten Blitar dengan R Square 84 6 %. Hal ini berarti bahwa 84 6 % perubahan pada varaibel pelaksanaan pengawasan Kepala Sekolah disebabkan oleh perubahan variabel budaya organisasi dan ketrampilan manajerial sedangkan19 4 % disebabkan oleh faktor lain diluar variabel budaya organisasi dan ketrampilan manajerial Kepala Sekolah SLTA di kota dan Kabupaten Blitar. (4) Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel budaya organisasi variabel ketrampilan manajerial dan pelaksanaan pengawasan Kepala Sekolah SLTA di kota dan Kabupaten Blitar terhadap variabel kinerja guru-guru ekonomi di kota dan kabupaten Blitar dengan R Square 90 6 %. Hal ini berarti bahwa 90 6 % perubahan pada variabel kinerja guru-guru ekonomi di kota dan Kabupaten Blitar disebabkan oleh perubahan variabel budaya organisasi ketrampilan manajerial dan pelaksanaan pengawasan sedangkan 9 4 % disebabkan oleh faktor lain diluar variabel budaya organisasi ketrampilan manajerial dan pelaksanaan pengawasan Kepala Sekolah SLTA di kota dan Kabupaten Blitar. Saran-saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan serta manajemen di sekolah perlu memberikan perhatian khusus pada pengelolaan faktor budaya organisasi di sekolah yang dipimpinnya. Hal ini didasarkan atas temuan dalam penelitian ini yang mengungkapkan adanya hubungan pengaruh yang kuat antara budaya organisasi dengan semua aspek kegiatan yang dilakukan di sekolah. Jika kepala sekolah dalam kepemimpinan di sekolah dapat mengelola aspek budaya organisasi dengan baik maka guru-guru dan staf administrasi bahkan juga para siswa berada di dalam suasana belajar yang penuh semangat aktif dan terfokus pada pencapaian kinerjanya masing-masing. (2) Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ketrampilan manajerial kepala sekolah dapat memberikan sumbangan yang cukup efektif terhadap fungsi pelaksanaan pengawasan dan kinerja dari para guru ekonomi di sekolah. Sehubungan dengan kenyataan itu maka pihak pengelola pendidikan baik di tingkat propinsi maupun kabupaten dan kota di prpinsi Jawa Timur perlu merumuskan dan mengiplementasikan kegiatan yang bertujuan mengefektifkan dan meningkatkan kemampuan manajerial kepala sekolah SLTA di kabupaten dan kota Blitar. Para kepala sekolah SLTA di kabupaten dan kota Blitar akan lebih termotivasi jika ada perhatian untuk meningkatkan peranan dan kompetensi mereka secara terus menerus dalam melaksanakan tugas-tugas manajerial kepemimpinannya. Upaya demikian memungkinkan kinerja kepemimpinan sebagaimana terungkap dalam penelitian ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. (3) Fungsi pengawasan memberikan peluang kepada kepala sekolah untuk mengetahui keberhasilan dan mengadakan suatu program yang dikerjakan oleh para guru. Sehubungan dengan hal itu para kepala SLTA di kabupaten dan kota Blitar diharapkan semakin meningkatkan frekwensi pelaksanaan program pengawasan di sekolah sebagai salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja guru ekonomi dalam mengajar Untuk mencapai maksud itu perlu adanya keterbukaan dari kepala sekolah dalam hal memanfaatkan para ahli pendidikan semaksimal mungkin baik dari kantor dinas dan perguruan tinggi terkait. Melalui upaya demikian semua aktifitas yang terkait dengan pengembangan profesi dan kompetensi guru dikelola secara efektif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64715 |
Actions (login required)
View Item |