Faktor-faktor penentu loyalitas pembeli pada supermarket go publik di Kota Malang (perbandingan model struktural berdasarkan tingkat pengetahuan pembeli) / F. Danardana Murwani - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor penentu loyalitas pembeli pada supermarket go publik di Kota Malang (perbandingan model struktural berdasarkan tingkat pengetahuan pembeli) / F. Danardana Murwani

F. Danardana Murwani (2009) Faktor-faktor penentu loyalitas pembeli pada supermarket go publik di Kota Malang (perbandingan model struktural berdasarkan tingkat pengetahuan pembeli) / F. Danardana Murwani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Loyalitas pembeli menjadi kebutuhan penting bagi supermarket go publik di Kota Malang (Alfa dan Hero) untuk menjaga kelangsungan hidupnya dalam situasi persaingan yang ketat dengan sejumlah pemain pasar baik di sektor ritel maupun di sektor supermarket itu sendiri. Teori perilaku konsumen mengkaji tiga serangkai konstruk yaitu kualitas layanan kepuasan pembeli dan loyalitas pembeli yang bermuara pada loyalitas pembeli. Keutuhan ketiga konstruk itu menjadi kunci sukses bagi perusahaan bisnis. Di sisi lain kehadiran konstruk pengetahuan pembeli terbukti memediasi (memperkuat atau memperlemah) kekuatan hubungan kausal di antara ketiga konstruk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji hubungan pengukuran ketiga konstruk (2) menguji hubungan kausal di antara ketiga konstruk dan (3) menguji peranan pengetahuan pembeli sebagai mediator hubungan kausal di antara ketiga konstruk. Penelitian ini menggunakan rancangan confirmatory survey. Populasi penelitian ini adalah semua pembeli pada supermarket Alfa dan Hero di Kota Malang yang tergolong infinite population. Pengambilan sampel pembeli dilakukan menggunakan teknik judgment (or purposive) accidental sampling dengan sampel sebesar 384 yang ditentukan berdasarkan formula Davis dan Cosenza. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen pengukuran konstruk (1) kuesioner Skala Likert five point yang digunakan untuk mengukur dimensi konstruk attitudinal loyalty konstruk kualitas layanan konstruk kepuasan pembeli dan dimensi konstruk subjective knowledge (2) kuesioner terbuka yang digunakan untuk mengukur dimensi konstruk behavioral loyalty dan (3) objective test yang digunakan untuk mengukur dimensi konstruk objective knowledge. Instrumen pengukuran konstruk divalidasi dengan mengikuti prosedur validasi instrumen penelitian hingga memenuhi persyaratan construct validity. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) structural equation modeling (SEM) 61539 2 difference test dan z test. Penelitian berasumsi bahwa skala Likert merupakan skala pengukuran ordinal sehingga dalam CFA dan SEM digunakan metode estimasi Weighted Least Squares yang didasarkan atas polychoric/polyserial correlation. Prosedur CFA dan SEM dilakukan dengan software LISREL 8.30. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) loyalitas pembeli direfleksikan secara valid oleh dimensi-dimensi yang mencakup attitudinal loyalty dan behavioral loyalty (2) kualitas layanan direfleksikan secara valid oleh dimensi-dimensi yang mencakup physical aspects reliability personal interaction dan problem solving (3) kepuasan pembeli direfleksikan secara valid oleh indikator-indikator yang mencakup outright satisfaction general feelings wise choice regret good job dan happiness (4) pengetahuan pembeli direfleksikan secara valid oleh dimensi-dimensi yang mencakup subjective knowledge dan objective knowledge (5) terdapat hubungan kausal antara kualitas layanan dengan loyalitas pembeli bagi low knowledge buyer dan high knowledge buyer (6) terdapat hubungan kausal antara kepuasan pembeli dengan loyalitas pembeli bagi low knowledge buyer dan high knowledge buyer (7) terdapat hubungan kausal antara kualitas layanan dengan kepuasan pembeli bagi low knowledge buyer dan high knowledge buyer (8) hubungan kausal antara kualitas layanan dengan loyalitas pembeli lebih kuat pada high knowledge buyer dibandingkan dengan low knowledge buyer (9) hubungan kausal antara kepuasan pembeli dengan loyalitas pembeli lebih kuat pada high knowledge buyer dibandingkan dengan low knowledge buyer dan (10) hubungan kausal antara kualitas layanan dengan kepuasan pembeli lebih kuat pada low knowledge buyer dibandingkan dengan high knowledge buyer. Menindaklanjuti hasil analisis data sebagai temuan penelitian melalui penelitian ini disampaikan sejumlah saran seperti berikut ini. Bagi penelitian lanjutan (1) penelitian ini dapat dilakukan dengan menjangkau populasi yang lebih luas (2) penelitian di masa datang dapat mengembangkan pengukuran konstruk pengetahuan pembeli tidak sebatas pada factual knowledge namun dapat ditingkatkan menjadi conceptual knowledge procedural knowledge bahkan meta cognitive knowledge. Bagi profesional bisnis di supermarket (1) membangun loyalitas pembeli hendaknya dilakukan melalui kualitas layanan dan kepuasan pembeli (2) tingkat pengetahuan pembeli dapat dijadikan media perubahan perilaku pembeli yang mengarah pada perbaikan/perkuatan loyalitas pembeli.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64713

Actions (login required)

View Item View Item