Analisis penerapan nilai-niai karakter dalam pembelajaran di kelas rendah SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Nurul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan nilai-niai karakter dalam pembelajaran di kelas rendah SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Nurul Khasanah

Khasanah, Nurul (2017) Analisis penerapan nilai-niai karakter dalam pembelajaran di kelas rendah SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Nurul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Nurul. 2017. AnalisisPenerapanNilai-nilaiKarakterdalamPembelajaran di KelasRendah SDN Madyopuro 5 Kota Malang. Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Nawawi M.Si. (II) Dra. Sri EstuWinahyu M.Pd. Kata Kunci penerapan nilai-nilaikarakter pembelajaran kelasrendah Sekolahsebagaipenyelenggarapendidikandiharapkandapatmenerapkanpendidikankaraktermelaluikegiatanpembiasaandanpembelajaran di dalamkelas. Berdasarkanhasilobservasipadatanggal 16 Januari 2017 karakterdikembangkanmelaluipembiasaansepertibersalamandengan guru membacaAsmaulHusna apelpagi upacara danJumatInfaq. Fokuspenelitianiniyaitupelaksanaanpendidikankaraktermelaluipembiasaan penerapannilai-nilaikarakterdalampembelajaran yang meliputiperencanaan pelakasanaan danpenilaian. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisdeskriptif. Pengumpulan data dilakukandenganobservasi wawancara dandokumentasi. Hasilpenelitianmenyatakanbahwapendidikankarakterdilaksanakanmelaluikegiatanupacara apelpagi senamdanJumatinfaq. Penerapannilai-nilaikarakterdalampembelajaranmeliputiperencanaan pelaksanaan danpenilaian.Karakter yang dapatdikembangkandalampembelajaransesuaidenganKurikulum 2013 diantaranyajujur kerjasama mandiri disiplin gemarmembaca tanggungjawab dan rasa ingintahu. Dari hasilanalisisdapatdisimpulkanbahwa (1) Pendidikankarakterdilaksanakanmelaluipembiasaandapatmengembangkankaraktersemangatkebangsaan tanggungjawab percayadiri dandisiplinmelaluikegiatanupacara apelpagi dansenam. SedangkankarakterpedulisosialdapatdikembangkanmelaluipembiasaanJumatinfaq (2) Perencanaanpenerapannilai-nilaikarakterdalampembelajarandirumuskandalamtujuanpembelajarandapatmengembangkankarakterreligius percayadiri kerjasama santun danmandiri. Nilai-nilai yang termuatdalamlangkah-langkahpembelajaransesuaidenganKurikulum 2013 (3) Penerapannilai-nilaikarakterdalampembelajaranmeliputipembiasaanperilakubaikdalamsetiapkegiatanpembelajarandanterintegrasidalammuatanpelajaran. Penataankelasdapatmenunjangpengembangankarakterdisiplin peduli cintatanah air danmenghargaiprestasi (4) Penilaianpenerapannilai-nilaikarakterdalampembelajaranmelaluipengamatansehari-hari yang akandirekapsetiapminggunya. Disarankankepada guru untukmemberikanreward and punishmentuntukmemperkuatkaraktersiswa. Artinyaapabilasiswamelalukantindakanpositif oleh guru diberikanpenghargaanbaikberupakalimatpujian simboljempol atautandabintang. Sementarasiswa yang berperilakunegatif guru memberikansanksi yang berupapenguatannegatif maupunmenuliskan di bukutugasmiliksiswabahwaiatelahmelakukanperilakunegatifsehinggasiswaakanmerasamaluuntukberperilakumenyimpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item