Pengaruh project based learning berbantuan bahan ajar berbasis potensi lokal terhadap scientific literacy, keterampilan proses sains dan self efficacy mahasiswa calon guru pada mata kuliah zoologi vertebrata / Diana Hernawati

Hernawati, Diana (2018) Pengaruh project based learning berbantuan bahan ajar berbasis potensi lokal terhadap scientific literacy, keterampilan proses sains dan self efficacy mahasiswa calon guru pada mata kuliah zoologi vertebrata / Diana Hernawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hernawati, Diana. 2018. Pengaruh project based learningPengaruh project based learningPengaruh project based learningPengaruh project based learningPengaruh project based learningPengaruh project based learningPengaruh project based learning berbantuan bahan ajar berbantuan bahan ajar berbantuan bahan ajar berbantuan bahan ajar berbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadapberbasis potensi lokal terhadap scientific literacy,scientific literacy,scientific literacy,scientific literacy,scientific literacy,scientific literacy,scientific literacy, keterampilan proses keterampilan proses keterampilan proses keterampilan proses keterampilan proses keterampilan proses keterampilan proses sains sains dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy dan self efficacy mahasiswa mahasiswa mahasiswa mahasiswa calon guru calon guru calon guru pada mata kuliah Zoologi pada mata kuliah Zoologi pada mata kuliah Zoologi pada mata kuliah Zoologi pada mata kuliah Zoologi pada mata kuliah Zoologi VertebrataVertebrataVertebrata. Disertasi, Disertasi, Disertasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin, S.Pd., M.Si., (II) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S., (III) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd Kata Kunci: project based learning, scientific literacy, KPS, self efficacy, bahan ajar Pengembangan pembelajaran di Perguruan Tinggi diarahkan untuk menyiapkan sumberdaya lulusan yang kompeten dan kompetensinya diperlukan di masyarakat era pengetahuan dan masuknya dunia pada revolusi industri 4.0. Namun kenyataan yang ada pada pembelajaran di perguruan tinggi sebagian masih belum menyiapkan kompetensi yang seharusnya. Salah satu perguruan tinggi yang berupaya menyiapkan kondisi pembelajaran untuk merealisasikan tuntutan kebutuhan masyarakat pengetahuan di era revolusi industri 4.0 adalah Universitas Siliwangi Prodi Pendidikan Biologi. Prodi ini berupaya melalui perkuliahan Zoologi vertebrata mampu membekali lulusan yang kompeten dan dibutuhkan kompetensinya. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung selama ini di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi belum cukup untuk dijadikan prediktor yang diandalkan dalam keberhasilan akademik. Sejumlah faktor yang diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran zoologi vertebrata antara lain: kurangnya rasa ingin tahu yang tinggi untuk memahami konsep dan menganalisis materi (scientific literacy), mahasiswa cenderung pasif untuk menemukan sendiri konsep-konsep materi dan menganalisis hasil pengamatan (keterampilan proses sains), kurangnya rasa percaya diri dan kerjasama (self efficacy), belum tersedianya bahan ajar yang mendukung untuk melatih dan mengembangkan scientific literacy, keterampilan proses sain dan self efficacy. Padahal tiga kemampuan yaitu scientific literacy,self efficacy dan keterampilan proses sains sangat mutlak dibutuhkan oleh guru saat menjalankan tugas sebagai guru. Dengan demikian bekal calon guru terhadap ketiga kemampuan ini mutlak untuk dikembangkan selama proses pembelajaran dan pendidikan di kampus. Maka dari itu diajukan solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini adalah pembelajaran berbasis projek. Model PjBL lebih maksimal dengan didukung oleh bahan ajar yang sesuai dengan karakteristiknya. Karakteristik tersebut memuat desain, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, memberikan kesempatan untuk bekerja mandiri dan berujung pada produk. Untuk itu lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis potensi lokal menjadi pilihan yang tepat. Pemanfaatan sumber daya lokal mempunyai kontribusi langsung sebagai sumber belajar dalam rangka mengembangkan potensi pebelajar. Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan scientific literacy, keterampilan proses sain dan self efficacy mahasiswa melalui PjBL dengan berbantuan bahan ajar berbasis potensi lokal. Bahan ajar ini dikembangkan menggunakan desain model ADDIE, yang dilakukan melalui tahap analyze, design, develop, implement dan evaluate. Alasan pemilihan model pengembangan ini karena konsep yang diberikan sederhana, bersifat sistematis dan memberikan banyak petunjuk dalam proses pengembangan suatu produk pembelajaran. Hasil analisis statistik deskriptif untuk scientific literacy menjelaskan bahwa model PjBL berpengaruh besar terhadap scientific literacy kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah dibandingkan kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dan menafsirkan bukti dan data ilmiah; model PjBL berpengaruh besar terhadap keterampilan proses sains dasar dibandingkan dengan keterampilan proses sains terintegrasi; model PjBL berpengaruh besar terhadap self efficacy kompetensi strength (ketahanan/kekuatan) dibandingkan dengan kompetensi magnitude atau level (tingkat kesulitan) dan generality (keleluasaan). Hasil uji statistik inferensial menjelaskan bahwa model PjBL berpengaruh signifikan terhadap scientific literacy pada tiga kompetensi. Kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah memiliki signifikansi terbesar dibandingkan kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah dan menafsirkan bukti dan data ilmiah; Model PjBL berpengaruh signifikan terhadap dua kompetensi keterampilan proses sains. Kompetensi keterampilan proses sains terintegrasi lebih signifikan dibandingkan dengan kompetensi keterampilan proses sains dasar; Model PjBL berpengaruh signifikan terhadap self efficacy mahasiswa. Kompetensi magnitude atau level (tingkat kesulitan) memiliki nilai signifikansi tertinggi dibandingkan dengan kompetensi strength (ketahanan/kekuatan) dan kompetensi generality (keleluasaan). Dalam penelitian ini dibutuhkan bahan ajar dan hasil uji kelayakan oleh sejumlah ahli, bahan ajar berbasis potensi lokal mata kuliah Zoologi Vertebrata termasuk kategori bahan ajar yang sangat layak dapat digunakan. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh project based learning dengan berbantuan bahan ajar berbasis potensi lokal terhadap kemampuan scientific literacy, keterampilan proses sains dan self efficacy mahasiswa calon guru pada mata kuliah Zoologi Vertebrata.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64683

Actions (login required)

View Item View Item