Pengaruh penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan metakognisi, berpikir kritis, dan pemahaman konsep IPA siswa SMP dan MTs Kota Ternate / Taslim D. Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan metakognisi, berpikir kritis, dan pemahaman konsep IPA siswa SMP dan MTs Kota Ternate / Taslim D. Nur

Nur, Taslim D. (2018) Pengaruh penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan metakognisi, berpikir kritis, dan pemahaman konsep IPA siswa SMP dan MTs Kota Ternate / Taslim D. Nur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Din Nur Taslim. 2018. Pengaruh strategi pembelajaran PBMP dan Model Problem Solving terhadap Keterampilan Metakognitif Keterampilan berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA MTs dan SMP di Kota Ternate. Disertasi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A. D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (3) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci PBMP Problem Solving keterampilan metakognitif berpikir kritis pemahaman konsep Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep IPA Biologi perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang memungkinan siswa berpartisipasi aktif sehingga dapat memahami materi secara bermakna. Cara yang dianggap tepat dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran dengan tujuan untuk dapat membangkitkan motivasi belajar melalui pemberdayaan berpikirnya. PBMP diyakini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa MTs dan SMP dikota Ternate. Selain itu strategi Problem solving juga merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada kemampuan cara memecahkan masalah yang dilaksanakan melalui tahapan pemahaman terhadap masalah sampai pada peninjauan kembali hasil pemecahan/verivikasi. Strategi PBMP dan problem solving memiliki banyak kelebihan yakni dapat memberdayakan keterampilan metakognitif meningkatkan keahlian dalam penyampaian ide-ide meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan hasil belajar dalam bentuk pemahaman konsepnya. Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PBMP dan Problem Solving terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada siswa MTs dan SMP di Kota Ternate. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa sekolah MTs dan SMP di kota Ternate tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari SMP Neg 2 SMP N3 sedangkan pada MTs terdiri dari MTs Neg 427 dan MTs Swsta Darul Ulum . Sampel dalam penelitian diperoleh melalui tekhnik random sampling sehingga diperoleh 3 kelas di SMP dan 3 kelas MTs yang didasarkan pada kesamaan karakteristiknya. Penelitian ini melibatkan variabel bebas strategi pembelajaran PBMP problem solving yang diberikan pada kelompok eksperimen dan strategi pembelajaran konvensional yang diberikan pada kelompok kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognitif berpikir kritis dan pemahaman konsep. penelitian quasi eksperimen ini menggunakan rancangan pretest-posttest non equivalent control group design dengan pola factorial 3 x 2. Prosedur pengumpulan data adalah dengan pretest dan posttes. Hasil Uji LSD diperoleh 1) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PBMP lebih tinggi sebesar 5 6 % dari siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem solving dan lebih tinggi 11 38 % dari siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Selanjutnya siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBMP lebih tinggi sebesar 17 51 % dibandingkan dengan siswa iv v pada pembelajaran konvensional 2) strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa tertinggi pada siswa dengan strategi pembelajaran PBMP lebih tinggi 5 91 % dari siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem solving dan lebih tinggi 11 21 % dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBMP lebih tinggi sebesar 17 80 % dibandingkan dengan siswa pada strategi konvensional 3) strategi pembelajaran berpengaruh terhadap Pemahaman Konsep siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBMP lebih tinggi sebesar 6 4 % dari pemahaman konsep siswa pada kelompok pembelajaran strategi Problem solving dan lebih tinggi sebesar 10 46 % dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya siswa yang dibelajarkan dengan strategi PBMP lebih tinggi sebesar 17 54 % dibandingkan dengan siswa pada strategi konvensional 4). Keterampilan metakognitif siswa dengan jenis sekolah MTs lebih tinggi sebesar 4 38 % dari keterampilan metakognitif siswa SMP. 5) Keterampilan berpikir kritis siswa MTs lebih tinggi 5 11% dari keterampilan berpikir kritis siswa SMP. 6) Pemahaman konsep siswa pada kelompok siswa MTs lebih tinggi 5 02% dari pemahaman konsep pada kelompok siswa SMP. 7) Tidak terdapat pengaruh Interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis sekolah. Temuan dari penelitian quasi eksperimen ini adalah strategi PBMP dan problem solving berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Juga ditemukan bahwa jenis sekolah berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Pada interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis sekolah tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran PBMP dan strategi problem solving menunjukan pengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis serta pemahamn konsep siswa. Selain itu juga strategi pembelajaran ini juga berpengaruh pada jenis sekolah MTs dan SMP. Hanya saja tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi antara strategi PBMP dan jenis sekolah. Hasil penelitian ini menjadi rekomendasi pada guru dan insantansi teknis untuk diterapkan di jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64681

Actions (login required)

View Item View Item