Pengembangan buku panduan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Islam bagi guru madrasah tsanawiyah / Nining Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Islam bagi guru madrasah tsanawiyah / Nining Purwati

Purwati, Nining (2018) Pengembangan buku panduan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Islam bagi guru madrasah tsanawiyah / Nining Purwati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Purwati Nining. 2018. Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Islam bagi Guru Madrasah Tsanawiyah. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M. Pd. (II) Prof. Dr. AD. Corebima M. Pd. (III) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. Kata kunci Buku Panduan Pembelajaran IPA Pembelaran Terintegrasi Nilai Islam. Pada konteks pembelajaran IPA di madrasah pembelajaran bermuatan nilai Islam yang tidak lagi memisahkan materi keagamaan dan materi umum merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan agar amanat dalam tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan mengintegrasikan materi matapelajaran agama (Qur an Hadits Aqidah Akhlak dan Fiqih) dengan materi pada matapelajaran IPA menyisipkan ayat-ayat alqur an dan hadits yang relevan dengan materi IPA ataupun dengan mengungkapkan hikmah dan keagungan Allah dalam proses penciptaan dan pemeliharaan alam semesta. Pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam membutuhkan dukungan berbagai hal terutama yang berkaitan dengan penyediaan sumber daya yang diperlukan dalam proses belajar mengajar termasuk akses terhadap ayat-ayat al- Qur an dan hadits serta ilmu yang relevan. Penyediaan akses terhadap ayat-ayatayat al-Qur an dapat diwujudkan dalam bentuk karya tulis berupa buku teks pelajaran maupun buku panduan guru yang memuat poin-poin utama materi pembelajaran dan ayat-ayat al-Qur an serta hadits yang relevan. Upaya untuk merespon kebutuhan terhadap sumber-sumber pembelajaran yang menghubungkan sains dan agama telah terlihat dari ditemukannya buku pedoman guru bernuansa Islam (disusun berdasarkan kurikulum 1994) yang saat ini sangat terbatas dalam jumlah maupun penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam bagi guru Madrasah Tsanawiyah. Langkah-langkah pengembangan mengacu pada model pengembangan 4D menurut Thiagarajan Semmel dan Semmel yang meliputi tahap pendefinisian (Define) tahap perancangan (Design) tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebarluasan (Disseminate). Hasil akhir proses pengembangan adalah buku panduan pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam bagi guru MTs dilengkapi dengan contoh perangkat pembelajaran. Produk pengembangan yang dihasilkan dinilai berdasarkan kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Proses validasi dilakukan oleh dua unsur yaitu ahli dan pengguna. Validasi oleh ahli dilakukan oleh ahli bidang biologi dan pembelajarannya dan ahli agama (ahli tafsir hadits) sedangkan dari unsur pengguna validasi dilakukan oleh guru IPA dan siswa pada Madrasah Tsanawiyah. Untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk dilakukan uji penggunaan produk dalam pembelajaran terintegrasi nilai Islam. Penerapan v pembelajaran terintegrasi nilai Islam dilakukan melalui quasi eksperimen pada Madrasah Tsanawiyah di Lombok Barat. Data hasil quasi eksperimen dianalisis dengan menggunakan analisis kovariat dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil validasi oleh ahli dan pengguna menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Adapun hasil quasi eksperimen menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasi nilai Islam berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata terkoreksi hasil belajar siswa pada pembelajaran terintegrasi nilai Islam lebih tinggi 15.196 % dari rata-rata terkoreksi hasil belajar siswa pada pembelajaran konvensional. Hasilhasil tersebut mengindikasikan bahwa produk pengembangan telah memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan yang dipersyaratkan. Diseminasi produk pengembangan dilakukan melalui publikasi pada jurnal internasional dan penerbitan buku panduan yang telah dihasilkan. Ketiga buku panduan pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam yang dihasilkan telah memiliki nomor buku standar internasional atau ISBN (International Standar Book Number) yaitu 978-602-5423-03-1 (buku panduan kelas VII) 978-602-5423-04-8 (buku panduan kelas VIII) dan 978-602-5423-05-5 (buku panduan kelas IX). Studi lebih lanjut terkait dengan bidang kajian dalam penelitian ini masih sangat diperlukan untuk pengembangan pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam di madrasah maupun sekolah-sekolah. Penyusunan buku pengayaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam yang memuat keterkaitan IPA dan nilai-nilai Islam untuk setiap materi IPA yang dipelajari beserta penjelasan tafsir al-qur an dan hadits yang relevan penting juga untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64680

Actions (login required)

View Item View Item