Peningkatan hasil belajar siswa materi pembulatan hasil pengukuran melalui model problem based learning di kelas IV SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek / Mariyana Suyatmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa materi pembulatan hasil pengukuran melalui model problem based learning di kelas IV SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek / Mariyana Suyatmi

Suyatmi, Mariyana (2017) Peningkatan hasil belajar siswa materi pembulatan hasil pengukuran melalui model problem based learning di kelas IV SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek / Mariyana Suyatmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyatmi Mariyana. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Pembulatan Hasil Pengukuran Melalui Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar pembulatan hasil pengukuran problem based learning Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran pada materi pembulatan hasil pengukuran di Kelas IV SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek yaitu dari 26 siswa hanya ada 12 siswa (46 2%) yang mendapat nilai KKM sedangkan 14 siswa lainnya (53 8%) mendapat nilai di bawah KKM. Faktor penyebabnya yaitu proses pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran konvensional dan guru tidak menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 yaitu 77 8% (cukup) meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II pertemuan 2. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 78 8% (cukup) meningkat menjadi 93 9% (sangat baik) pada siklus II pertemuan 2. Rata-rata nilai matematika siswa meningkat dari pra tindakan 60 4 (cukup) dengan ketuntasan klasikal 61 5% (cukup) rata-ratanya meningkat menjadi 82 (baik) dengan ketuntasan klasikal 84 6% (baik) pada siklus II pertemuan 2. Pada siklus I pertemuan 1 ada 12 siswa (46 2%) yang memiliki sikap tanggung jawab dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 ada 23 siswa (88 5%). Pada siklus I pertemuan 1 ada 25 siswa (96 2%) yang santun dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 ada 26 siswa (100%). Pada siklus I pertemuan 1 ada 2 siswa (7 7%) yang percaya diri dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 ada 23 siswa (88 5%). Nilai keterampilan presentasi dan membuat laporan juga meningkat. Pada siklus I pertemuan 1 nilai optimal presentasi 80 meningkat menjadi 95 pada siklus II. Pada siklus I pertemuan 1 nilai optimal membuat laporan 85 meningkat menjadi 98 pada siklus II pertemuan 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembulatan hasil pengukuran di Kelas IV SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan model problem based learning supaya hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item