Penerapan model think pair share untuk menigkatkan hasil belajar matematika pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku kleas IVB SDN Kendalpayak Kabupaten Malang / Uly Muslihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share untuk menigkatkan hasil belajar matematika pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku kleas IVB SDN Kendalpayak Kabupaten Malang / Uly Muslihah

Muslihah, Uly (2017) Penerapan model think pair share untuk menigkatkan hasil belajar matematika pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku kleas IVB SDN Kendalpayak Kabupaten Malang / Uly Muslihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslihah Uly. 2017Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IVB SDN Kendalpayak Kabupaten Malang .Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd. (II) Dr. Suharjo M.S M.A Kata Kunci Model Think Pair Share pembelajaran Matematika hasil belajar Think Pair Share merupakan salah satu model dari pendekatan pembelajaran cooperative yang dilakukan secara berkelompok. Berdasarkan observasi pratindakan ditemukan permasalahan penilaian hasil pembelajaran menunjukkan 10 siswa mencapai KKM 75 dan 18 siswa belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model Think Pair Sharepada peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IVB SDN Kendalpayak Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Think Pair Share dapat dilaksanakan dengan runtut dan baik sesuai dengan langkah-langkah yaitu (a) Siswa duduk berpasangan (b) Guru melakukan presentasi materi kemudian mengajukan pertanyaan (c) siswa diberi kesempatan berfikir mandiri (d) Siswa saling berbagi (Share) (e) Guru memandu diskusi (f) Guru memberikan penguatan (g) Kuis dan Evaluasi (H) Simpulan dan refleksi. Dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru siklus I 79% aktivitas siswa 76%. Siklus II aktivitas guru 91% dan aktivitas siswa 81%. Hasil belajar pada pra tindakan hanya 10 dari 28 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 54 29 dan ketuntasan klasikal 35 71%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 17 siswa mencapai KKM 8805 75 dengan nilai rata-rata kelas 69 dan ketuntasan klasikal 61%. Pada siklus II terjadi peningkatan 24 siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 71 dengan ketuntasan klasikal 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas IVB SDN Kendalpayak Kabupaten Malang pada siklus I sebesar 72% meningkat pada siklus II sebesar 86%. Guru disarankan menerapkan model Think Pair Shareagar dapat menarikminat dan pengalaman belajar siswa. ABSTRACT Muslihah Uly. 2017 Model Implementation of Think Pair Share to enhance results Learning Mathematics on the theme of Indahnya Keberagaman di Negeriku Grade 4thB SDN Kendalpayak Malang Regency . Theses Prodi S1 - Education Primary School teachers majoring in Education Elementary School and Preschool Education Science Faculty of the State University of Malang. Advisor (I) Drs.Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd. (II) Dr Suharjo M.S M.A Key Words The Model of Think Pair Share mathematics teaching learning results Think Pair Share is one of the model of cooperative learning approach that is done together with a. Based on observation pratindakan found problems assessment of learning results showed 10 students reach KKM 75 and 18 students have not yet reached KKM. The purpose of this research is to define ecological implementation model Think Pair Share on the improvement of the results of learning Mathematics grade 4thB SDN Kendalpayak Malang Regency. This research uses qualitative descriptive approach with type of Class Action Research (CAR). The study was conducted in two cycle each cycle consists of 4 steps of planning implementation observation and reflection. The subject of the research is numbered 28 students consisting of 15 male student and 13 students women. Data collection is done by using the observation sheet test and documentation. Analysis of the data done namely qualitative data analysis techniques that consist of data reduction presentation of data and the conclusion. Learning by applying the model of Think Pair Share can be implemented with fluently and good in accordance with the steps (a) students sitting in pairs (b) teacher doing a presentation of matter and then asking questions (c) students are given the opportunity to think independently (d) Students share (e) Teachers guide discussion (f) teachers give gains (g) Quiz and Evaluation (H) conclusions and reflection. Proved by increasing the activity of teachers I cycle 79% student activity 76%. The cycle II activity teachers 91% and activity the students 81%. Results of the study on the pre action only 10 from 28 students that completed with the value of the average class 54 29 and learning in line with the classical 35 71%. At cycle I the results of student learning increases 17 students reach KKM consecutive patients 75 with the value of the average 69 classes and learning in line with the classical 61%. At cycle II improvements 24 students completed with the value of the average 71 class with learning in line with the classical 86%. The conclusion the implementation of the model of Think Pair Share can improve mathematics teaching grade IVB SDN Kendalpayak Malang Regency at cycle I 72% increase at cycle II of 86%. It is recommended that teachers apply the model of Think Pair Share in order to attract interest and student learning experience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item