Hariyadi, Slamet (2017) Pengaruh model pembelajaran reading, questioning. answering dan project based learning pada matakuluiah genetika terhadap keterqampilan berpikir kritis, keterampilan , metakognitif dan hasil belajar kognitif pada kemampuan akademik berbeda / Slamet Hariyadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hariyadi Slamet. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning Answering dan Project Based Learning pada Matakuliah Genetika Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif pada Kemampuan Akademik Berbeda Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd dan (III) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci RQA PjBL keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif kemampuan akademik. Arus perubahan zaman menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam merespon tuntutan hidup. Fakta di lapangan pembelajaran di lembaga pendidikan belum semua mendukung tuntutan ini termasuk di Universitas Jember. Metode ceramah lebih banyak menjadi metode andalan terutama bagi dosen Genetika. Perlu model belajar yang menginduksi keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis dan metakognitif diantaranya model RQA (Reading Questioning Answering) dan PjBL (Project Based Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RQA dan PjBL terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif kemampuan akademik yang berbeda. Penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi experiment yang dilaksanakan di dua kelas genetika dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design pola faktorial 2x2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri dari RQA PjBL dan Konvensional sedangkan kemampuan akademik terdiri atas kemampuan akademik atas dan bawah sebagai variabel moderator. Variabel terikatnya terdiri atas keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen validasi lembar observasi lembar angket soal tes dan rubrik. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan anakova dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran RQA dan PjBL berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Hasil ini tidak sejalan dengan kemampuan akademik mahasiswa karena tidak ada pengaruh signifikan kemampuan akademik terhadap nilai keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif tetapi ada pengaruh untuk hasil belajar kognitif. Demikian juga untuk interaksi antara model pembelajaran RQA dan PjBL dengan kemampuan akademik tidak menunjukkan hasil yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif (2) signifikansi hasil pada model belajar kemungkinan karena sintaks RQA dan PjBL yang mendukung peningkatan keterampilan berpikir termasuk adanya teknik mind mapping pada resume yang menginduksi pola keteraturan dalam penyusunan konsep (3) ketidaksignifikan hasil penelitian pada kemampuan akademik dan interaksinya dengan model pembelajaran mungkin dipengaruhi oleh faktor penentuan kemampuan akademik atas dan bawah yang mengacu pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama dua semester awal mungkin juga karena pengaruh model pembelajaran yang memberi ruang bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan baik dalam satu kelompok sehingga terjadi aliran pengetahuan dalam lintas level akademik mungkin juga pengaruh dari jumlah sampel yang terbatas sehingga sangat mempengaruhi variabilitas responden. Temuan baru (novelty) dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik mind mapping dalam awal sintaks reading model pembelajaran RQA yang membantu mengorganisasi penyusunan resume dan mempercepat pemahaman alur konsep secara keseluruhan hanya dalam satu lembar mind mapping. Temuan baru lainnya adalah implementasi perkuliahan genetika dengan pola pembelajaran mandiri antara teori dan praktikum yang berhasil dilaksanakan di luar Universitas Negeri Malang. Umumnya setiap teori genetika yang diajarkan selalu disertai praktikum pada topik yang sama tetapi pada penelitian ini ada materi yang diajarkan secara teoritis menggunakan model pembelajaran RQA dan ada materi yang diajarkan secara praktikum menggunakan model pembelajaran PjBL. Berdasarkan hasil-hasil tersebut di atas disarankan perlunya memperbanyak jumlah populasi penelitian dengan menggunakan lebih banyak kelas atau dengan berkolaborasi bersama lembaga pendidikan lain. Disamping itu perlu penelitian lanjut untuk menguji pengaruh model pembelajaran RQA dan PjBL terhadap variabel lain selain keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Dipertimbangkan juga untuk mengimplementasikan model pembelajaran RQAdan PjBL untuk mata kuliah lain dalam lingkup Biologi maupun non Biologi. ABSTRACT Hariyadi Slamet. 2017. The Effect of Reading Questioning Answering Learning Model and Project Based Learning in Genetics lecture on critical thinking skill Metacognitive Skill and Cognitive Learning results on Different Academic abilities Dissertation. Biology Education Study Program Graduate of Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd and (III). Ibrohim M.Si. Keywords RQA PjBL critical thinking skills metacognitive skills cognitive learning results academic ability. The current change of age demands high-order thinking skills in response to the demands of life. Based on the facts on the field not all learning at educational institutions has supported these demands including at Jember University. Lecturing method has become more a mainstay method especially for Genetics lecturers. A learning model that induces high-order thinking skills such as critical thinking and metacognitive is required including RQA (Reading Questioning Answering) and PjBL (Project Based Learning) learning models. The purpose of this research was determine the effect of RQA and PjBL learning model on critical thinking skills metacognitive skills and cognitive learning results of different academic abilities. This research used a quasi experimental design. This research was conducted in two Genetics classes with a pretest-posttest nonequivalent control group design of 2x2 factorial design. The independent variable in this research was the learning model consisting of RQA PjBL and Conventional learning models while academic ability consisted of upper and lower academic ability as the moderate variable. The dependent variable of this research consisted of critical thinking skills metacognitive skills and cognitive learning results. The data were collected using validation instruments observation sheets questionnaires test questions and rubrics. The data were analyzed descriptively and inferentially with Ancova and regression. Based on the results of this research it can concluded that (1) the RQA and PjBL learning models have an effect on improving critical thinking skills metacognitive skills and cognitive learning results. These results are not in line with the students academic ability because academic ability does not have a significant effect on the value of critical thinking skills and metacognitive skills but it has an effect on cognitive learning results. Similarly the interaction between RQA and PjBL learning models with academic ability does not show significant results on critical thinking skills metacognitive skills and cognitive learning results (2) the significant results of the learning models are likely due to the syntax of RQA and PjBL that supports the improvement of thinking skills including the mind mapping technique on the resume activity that induces the pattern of order in orginizing concepts (3) the inconsistency of the research results on the academic ability and its interaction with the learning models may be influenced by the determination factor of upper and lower academic ability which refered to the GPA (Grade Point Average) in the two previous semesters. It may also be due to the effect of the learning model that gives space for students to interact in one group so that there is a flow of knowledge within the academic levels. It may also be due to the effect of the limited number of samples which affected the variability of the respondents. The novelty in this research is the use of mind mapping technique in the early syntax of reading in RQA learning model that helps organize the compilation of resume and accelerates the understanding of the whole concept flow using only one page of mind mapping. Another novelty of this research is the implementation of Genetics lecture with independent learning patterns between theory and practicum successfully implemented outside the State University of Malang. Generally every theory of genetics taught is always accompanied by practicum on the same topic but in this research there was a learning material that was taught theoretically using RQA learning model and there is a learning material that was taught with practicum using PjBL learning model. Based on the results above it is suggested that future research used a bigger number of population using more classes or by collaborating with other educational institutions. Besides further research is needed to examine the effect of RQA and PjBL learning model on other variables in addition to critical thinking skills metacognitive skills and cognitive learning results. It is also suggested to consider implementing RQA and PjBL learning model for other courses in Biology and Non Biology.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |