Pengembangan strategi pembelajaran PDEODESTAD (Predict Discuss Explain Observer Discuss Explain Student Team Achievement Division). untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan tetensi matakuliah gizi dan kesehatan pada mahasiswa berkemampuan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi pembelajaran PDEODESTAD (Predict Discuss Explain Observer Discuss Explain Student Team Achievement Division). untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan tetensi matakuliah gizi dan kesehatan pada mahasiswa berkemampuan

Wulandari, Tabitha Sri Hartati (2017) Pengembangan strategi pembelajaran PDEODESTAD (Predict Discuss Explain Observer Discuss Explain Student Team Achievement Division). untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan tetensi matakuliah gizi dan kesehatan pada mahasiswa berkemampuan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tabitha Sri Hartati Wulandari 2017. Pengembangan Strategi Pembelajaran PDEODESTAD (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain Student Team Achievement Division) Untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Penguasaan Konsep dan Retensi Mata Kuliah Gizi dan Kesehatan Pada Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda di UNIROW Tuban. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin. M.Si Pembimbing (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah. M.Pd Pembimbing (III) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar. M.S) Kata Kunci Strategi pembelajaran PDEODESTAD keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep retensi kemampuan akademik berbeda Pendidikan Tinggi abad 21 menuntut mahasiswa memiliki keterampilan berpikir kritis memecahkan masalah kolaborasi dan kecakapan berkomunikasi. Upaya mewujudkan keterampilan-keterampilan tersebut salah satunya dengan penerapan strategi pembelajaran PDEODESTAD(Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain Student Team Achievement Division). PDEODESTAD merupakan strategi hasil paduan strategi PDEODE dengan STAD yang merupakan strategi pendekatan konstruktivisme dengan cooperative learning. PDEODESTAD merupakan strategi yang memberi pengalaman mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya berpikir kritis dan kegiatan yang mendorong mahasiswa bekerja sama dan berkomunikasi sehingga memiliki penguasaan konsep dan retensi. Tujuan penelitian pengembangan ini 1) menghasilkan produk strategi pembelajaran PDEODESTAD dituangkan dalam bentuk perangkat pembelajaran yang valid/layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep dan retensi pada mahasiswa berkemampuan berbeda 2) menguji perbedaan strategi pembelajaran PDEODESTAD dengan konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep dan retensi mahasiswa 3) menguji perbedaan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep dan retensi mahasiswa 4) menguji interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep dan retensi mahasiswa. PDEODESTAD merupakan kerangka konseptual sehingga dituangkan dalam produk perangkat pembelajaran yang meliputi silabus RPP buku ajar LKM dan lembar evaluasi. Untuk mendapatkan produk perangkat pembelajaran yang layak dilakukan dengan model four D milik Thiagarajan. dkk yang meliputi empat tahap yaitu pendefinisisan (define) perancangan (disain) pengembangan(develop) dan penyebaran (disseminate). Untuk menguji pengaruh dilakukan dengan penelitian eksperimen berupa quasi experiment dengan rancangan faktorial 2 x 2 dan dilaksanakan pada mahasiswa pendidikan biologi di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban semester gasal tahun akademik 2014/2015. Sampel berjumlah 85 mahasiswa yang terdiri dari kelompok kontrol dengan penerapan strategi konvensional (44 orang) dan kelompok eksperimen dengan penerapan strategi PDEODESTAD (41 orang). Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dilakukan dengan teknik purposive sampling Data keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep dan retensi diperoleh dari tes esai sedangkan data kemampuan akademik diperoleh dari IP komulatif mahasiswa. Kelas yang dijadikan sampel terlebih dahulu diuji kesetaraannya dengan melihat normalitas homogenitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis analisis variasi Anakova pada taraf signifikansi 5% (p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64665

Actions (login required)

View Item View Item