Darmawan, Ericka (2017) Pengaruh penerapan model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming-Mind Mapping-Questioning-Exploring-Writing-Communicating) pada siswa berkemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa SMA di Malang / Ericka Darmawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Darmawan Ericka. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Simas Eric (Skimming Mind mapping Questioning Exploring Writing - Communicating) pada Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa SMA di Malang. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D (3) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci Simas Eric keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep. Biologi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan mengharuskan para guru untuk mempersiapkan generasi masa depan yang siap dan adaptif untuk menanggapi semua tuntutan membantu siswa dalam proses berpikir merumuskan pertanyaan dan menemukan jawaban. Pola kegiatan pembelajaran di Kota Malang masih berorientasi pada pemahaman konsep dan belum mengupayakan pemberdayaan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil studi pendahuluan yang membahas tentang permasalahan yang dihadapi oleh para guru dalam proses pembelajaran biologi di kelas didapatkan permasalahan seperti masih minimnya guru yang berupaya memberdayakan keterampilan metakognitif siswa dalam kegiatan belajar siswa tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan atau dimanfaatkan siswa juga memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik. Rendahnya variabel keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep ini disebabkan oleh pola pembelajaran konvensional dengan ceramah. Oleh karena itu perlu adanya perubahan model pembelajaran. Model pembelajaran Simas Eric merupakan salah satu pembelajaran inovatif berbasis konstruktivis yang menekankan pada pembelajaran student centered melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Sintaks model pembelajaran Simas Eric terdiri dari (1) SkimmIng (2) Mind mApping (3) QueStioning (4) Exploring (5) WRIting (6) Communicating. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa faktor kemampuan akademik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi belajar dan keterampilan berpikir manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Simas Eric pada pembelajaran Biologi. Penerapan model tersebut kemudian dilihat pengaruhnya terhadap variabel keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep dan ditinjau pula pengaruh variabel kemampuan akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-postest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini semua siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Malang Indonesia. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen yaitu 4 sekolah negeri dari 10 sekolah SMA Negeri. Pada 4 sekolah tersebut di setiap sekolah dipilih 2 kelas satu kelas mewakili model pembelajaran Simas Eric dan satu kelas lainnya mewakili kelas konvensional. Data hasil belajar keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep diperoleh dari tes essay pada pretes dan postes. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Simas Eric berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa SMA di Malang (2) kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa SMA di Malang (3) interaksi model pembelajaran Simas Eric dan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa SMA di Malang namun pada interaksi model pembelajaran Simas Eric dan kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa SMA di Malang. Model pembelajaran Simas Eric terbukti tidak hanya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada siswa dengan kemampuan akademik tinggi tapi juga pada siswa dengan kemampuan akademik rendah. Bahkan model pembelajaran Simas Eric juga terbukti dalam meningkatkan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada siswa dengan kemampuan akademik rendah melampaui siswa dengan kemampuan akademik tinggi pada kelas konvensional. Berdasarkan penelitian peneliti merekomendasikan model pembelajaran Simas Eric perlu diterapkan di kelas dengan memperhatikan kemampuan akademik siswa. Model pembelajaran Simas Eric merupakan model pembelajaran baru yang dikembangkan oleh peneliti dan belum pernah diimplementasikan dalam skala luas. Penelitian ini terbatas pada pelajaran Biologi pada jenjang SMA kelas XI. Penelitian dapat dilanjutkan pada jenjang SD SMP dan SMA maupun pada mata pelajaran lain selain Biologi selain itu juga model pembelajaran Simas Eric terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep tidak hanya pada siswa dengan kemampuan akademik tinggi saja namun juga pada siswa dengan kemampuan akademik rendah. Penelitian lain dapat dilakukan dengan berfokus pada keterampilan berpikir lain seperti keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif. ABSTRACT Darmawan Ericka. 2017. The Effect of Simas Eric (Skimming Mind mapping Questioning Exploring Writing - Communicating) Learning Model Application Viewed from Academic Levels of Students on Metacognitive Skills Critical Thinking Ability and Learning Outcome in High School Students in Malang. Dissertation Study Program of Biology Education Postgraduate of Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D (3) Dr. Hadi Suwono M.Si. Keywords Simas Eric metacognitive skills critical thinking skills understanding of the concept. Biology as part of science requires teachers to prepare the future generation that is ready and adaptable to respond to all the demands assisting students in the process of thinking formulate questions and find answers. The pattern of learning activities in Malang still oriented to the understanding of the concept and has not sought the empowerment of metacognitive skills and critical thinking abilities of students. Results of preliminary studies that discuss the problems faced by teachers in the learning process of biology in the classroom found problems such as the lack of teachers who seek to empower metacognitive skills of students in learning activities students are not able to connect what they learn to how this knowledge will be used or utilized students also have difficulty understanding academic concepts. The low variable metacognitive skills critical thinking skills and learning outcome caused by conventional learning pattern lectures. Therefore the need for changes in teaching methods. Simas Eric learning model is one based innovative constructivist learning that emphasizes student centered learning through fun learning activities. Simas Eric syntax learning model consists of (1) SkimmIng (2) Mind MApping (3) QueStioning (4) Exploring (5) WRIting (6) Communicating. Various studies have also shown that the factor of academic ability is one of the factors that influence human learning and thinking skills. This study aims to assess the application of the Simas Eric learning model in teaching Biology. The application of the model were visible effect on variable metacognitive skills critical thinking skills learning outcome and also the effect of variable terms of academic ability. This study was a quasi-experimental study using pretest-posttest non-equivalent control group design. The study population was all students of class XI High School (SHS) in Malang Indonesia. Random sampling technique is used to determine the grade as the study sample. The experimental class was 4 public schools from 10 school SMA. In four schools each school selected two classes one class represents a Simas Eric learning model and the other class represent a conventional classroom. Learning outcomes data metacognitive skills critical thinking skills and learning outcome derived from the test essay on the pretest and posttest. The data were analyzed using covariate analysis (Anacova). The results showed that (1) the Simas Eric learning model significantly affect metacognitive skills critical thinking skills and learning outcome of high school students in Malang (2) academic skills significantly affect metacognitive skills critical thinking skills and understanding of the concept of student High School in Malang (3) the interaction of the Simas Eric learning model and academic ability not significantly affect metacognitive skills of high school students in Malang but on the interaction of the Simas Eric learning model and academic skills significant effect on critical thinking skills and understanding of the concept of high school students in Malang. Simas Eric learning model is also proven in improving critical thinking and conceptual understanding in students with low academic ability beyond students with high academic ability in conventional class. Based on the research researchers recommend the Simas Eric learning model needs to be applied in the classroom by taking into account the students academic ability. The learning model of Simas Eric is a new learning model developed by researchers and has never been implemented on a wide scale. This study is limited to Biology lessons at grade XI. Research can be continued at elementary junior and senior high school level as well as in subjects other than Biology besides the learning model of Simas Eric is proven to increase critical thinking ability and concept comprehension not only for students with high academic ability but also for students with Low academic ability. Other research can be done by focusing on other thinking skills such as problem solving skills and creative thinking skills.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64662 |
Actions (login required)
View Item |