Lukyana, Usnida (2017) Penerapan model think talk write melalui media benda konkret untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Lesanpuro 1 Malang / Usnida Lukyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lukyana Usnida. 2017. Penerapan model Think Talk Write melalui media benda konkret untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Lesanpuro I Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. A. Taufik M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran Think Talk Write benda konkret keterampilan menulis deskripsi Keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Lesanpuro I Malang baik dilihat dari segi kerapian penggambaran objek kesesuian isi penulisan ejaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca masih tergolong rendah. Siswa masih kesulitan menuliskan gagasannya. Hal tersebut dikarenakan (1) pembelajaran masih dilakukan secara konvensional (2) media gambar belum cukup membantu siswa dalam menulis karangan deskripsi (3) penataan kelas secara klasikal yang mengakibatkan siswa cenderung ramai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Think Talk Write melalui media benda konkret untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas III SDN Lesanpuro I Malang (2) peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa setelah diterapkan model pembelajaran Think Talk Write melalui media benda konkret pada siswa kelas III SDN Lesanpuro I Malang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan sebanyak dua siklus di kelas III sejumlah 37 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data penelitian berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran serta data hasil karangan deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa. Hasil yang diperoleh yaitu keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I sebesar 78 3%. Pada siklus II meningkat menjadi 95 7%. Sedangkan keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79 3%. Siklus II meningkat menjadi 89 4%. Sejalan dengan aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Hasil menulis deskripsi pada siklus I menunjukkan ketuntasan siswa mencapai 54 1%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 89 2%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write melalui media benda konkret dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Lesanpuro I Malang. Sehingga disarankan dalam pembelajaran menulis deskripsi supaya guru melaksanakan pembelajaran yang variatif menggunakan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu dengan menerapkan model Think Talk Write melalui benda konkret.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6466 |
Actions (login required)
View Item |