Pengaruh strategi pembelajaran JiRQA terhadap kemampuan kognitif, keterampilan berpikir kritis, dan sikap sosial mahasiswa multietnis pada perkuliahan zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang / Yakobus Bustami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran JiRQA terhadap kemampuan kognitif, keterampilan berpikir kritis, dan sikap sosial mahasiswa multietnis pada perkuliahan zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang / Yakobus Bustami

Bustami, Yakobus (2017) Pengaruh strategi pembelajaran JiRQA terhadap kemampuan kognitif, keterampilan berpikir kritis, dan sikap sosial mahasiswa multietnis pada perkuliahan zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang / Yakobus Bustami. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yakobus Bustami 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran JiRQA terhadap Kemampuan Kognitif Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Mahasiswa Multietnis pada Perkuliahan Zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked (III) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci strategi JiRQA multietnis kemampuan kognitif berpikir kritis sikap sosial zoologi Peningkatan kemampuan kognitif keterampilan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik pada setiap jenjang pendidikan terutama jenjang pendidikan tinggi sangat diperlukan dalam rangka menghadapi persaingan global sekarang ini. Peningkatan kemampuan kognitif keterampilan berpikir kritis dan sikap sosial mahasiswa multietnis dapat dilakukan melalui berbagai macam strategi pembelajaran yang bernuansa multietnis salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw Reading Questioning Answering (JiRQA). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran JiRQA terhadap kemampuan kognitif keterampilan berpikir kritis dan sikap sosial mahasiswa multietnis pada perkuliahan zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Penelitian ini terdiri dari dua metode penelitian yakni metode survei dan metode eksperimen yang didahului dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian eksperimen berupa quasi experiment dengan rancangan faktorial 2 x 3 dan dilaksanakan pada mahasiswa pendidikan biologi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang semester genap tahun akademik 2015/2016. Sampel berjumlah 125 mahasiswa yang terdiri dari etnis Dayak (49 orang) Jawa (39 orang) dan Melayu (37 orang). Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dilakukan dengan teknik simple Random Sampling (cabut undi). Data kemampuan kognitif keterampilan berpikir kritis diperoleh dari tes esai sedangkan data sikap sosial diperoleh dari lembar angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) pada taraf signifikansi 5% (p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64659

Actions (login required)

View Item View Item