Mengungkap kesejajaran dan faktor yang berpengaruh terhadap koefisien slope dan intercept dari persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA dan biologi di Malang / Bea Hana Siswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengungkap kesejajaran dan faktor yang berpengaruh terhadap koefisien slope dan intercept dari persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA dan biologi di Malang / Bea Hana Siswati

Siswati, Bea Hana (2017) Mengungkap kesejajaran dan faktor yang berpengaruh terhadap koefisien slope dan intercept dari persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA dan biologi di Malang / Bea Hana Siswati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswati Bea Hana. 2017. Mengungkap Kesejajaran dan Faktor yang berpengaruh terhadap Koefisien Slope dan Intercept dari Persamaan Regresi Hubungan antara Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA dan Biologi di Malang. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (3) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci biologi IPA keterampilan metakognitif pemahaman konsep persamaan regresi Beberapa penelitian dalam bidang pendidikan khususnya biologi banyak yang sudah mengkaji hubungan antara suatu variabel X dengan suatu variabel Y. Misalnya hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa. Untuk menguji hubungan tersebut dapat digunakan uji regresi linier sederhana. Uji regresi linier sederhana selalu menghasilkan suatu grafik persamaan regresi. Pada suatu persamaan regresi terdapat slope dan intercept. Slope merupakan kemiringan garis regresi dan intercept merupakan perpotongan garis pada sumbu Y. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sebagian besar diantaranya membuktikan adanya hubungan positif antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa. Apakah akan selalu demikian pada berbagai kondisi misalnya dikaitkan dengan kemampuan akademik model pembelajaran tingkat kelas tingkat pendidikan dan seterusnya. Bagaimana perbedaan persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep serta adakah faktor yang mempengaruhi koefisien slope dan intercept yang terbentuk dari hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep. Dengan demikian diperlukan penelitian korelasional untuk mengungkap hal tersebut. Tujuan penelitian ini ialah 1) mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa IPA dan Biologi 2) mengungkap perbedaan persamaan regresi antara persamaan-persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa IPA dan Biologi 3) mengungkap faktor yang berpengarh terhadap koefisien slope dan intercept persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan penelitian korelasional yang terbagi menjadi penelitian eksperimen semu penelitian survei dan penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian kuasi eksperimen adalah Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SMP dan SMA sekota Malang dan sampelnya berjumlah 14 kelas yang menerapkan suatu model pembelajaran tertentu. Data yang diambil pada penelitian eksperimen semu ini diperlakukan seperti penelitian korelasional. Data yang diambil berupa pretest dan posttest keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep yang hasilnya dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Penelitian survei dilakukan dengan teknik meta-analisis. Data yang diambil berasal dari penelitian sebelumnya yang pernah dilaporkan. Penelitian sebelumnya yang digunakan dalam penelitian survei ini berjumlah 26 penelitian termasuk data penelitian kuasi eksperimen. Dari 26 penelitian dihasilkan 67 pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan dilanjutkan dengan uji kaji beda persamaan regresi. Penelitian kualitatif dilakukan terbatas pada 4 kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TPS. Obeservasi yang dilakukan didasarkan pada data model pembelajaran kemampuan akademik tingkat kelas jenjang pendidikan gender usia gaya belajar etnis waktu belajar cara guru mengajar dan materi belajar. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian kuasi eksperimen 1) ada hubungan yang positif antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa IPA dan Biologi siswa di Malang pada 14 macam pembelajaran. Penelitian Survei 1) Ada hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa pada 55 pembelajaran dari 67 pembelajaran yang dianalisis. Dengan demikian 82 09% pembelajaran yang dianalisis terbukti ada hubungan yang positif antara kedua variabel tersebut 2) terdapat garis-garis regresi yang sejajar dan berhimpit sejajar tetapi tidak berhimpit dan berpotongan pada persamaan-persamaan regresi yang diuji kaji beda persamaan regresinya 3) sebagian besar garis-garis regresi yang diperbandingkan terbukti sejajar. Persentase garis-garis regresi yang sejajar sebesar 69 84%. Hal ini membuktikan bahwa persentase garis regresi yang sejajar lebih banyak dibanding dengan garis regresi yang berpotongan. Penelitian Kualitatif 1) adanya garis-garis regresi yang sejajar dan berhimpit sejajar tetapi tidak berhimpit maupun berpotongan pada garis-garis yang diperbandingkan berdasarkan perbedaan model pembelajaran perbedaan kemampuan akademik perbedaan tingkat kelas dan perbedaan tingkat pendidikan menunjukkan bahwa tidak ada suatu pola tertentu yang terbentuk. Hal ini membuktikan bahwa faktor-faktor tersebut bukan merupakan salah satu dan/ satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap koefisien slope dan intercept persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian faktor yang berpengaruh tidak hanya berjumlah satu. Faktor-faktor lain selain model pembelajaran kemampuan akademik tingkat kelas dan tingkat pendidikan dimungkinkan juga ikut mempengaruhi nilai dari koefisien slope dan intercept misalnya gender usia gaya belajar etnis waktu belajar siswa cara guru dalam mengajar kelompok belajar/teman siswa dan materi belajar. Atas dasar hasil penelitian disarankan kepada guru atau pendidik untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang telah terbukti mampu memberdayakan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa. Selain itu bagi guru yang akan meneliti tentang adanya hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep hendaknya perlu memperhatikan pula kondisi/faktor yang berpotensi dalam mempengaruhi kegiatan belajar siswa sehingga pemberdayaan keterampilan metakognitif dan peningkatan pemahaman konsep siswa dapat berjalan dengan optimal. Bagi peneliti selanjutnya yang akan mengungkap hubungan antara suatu variabel X dengan variabel Y selain bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan sebaiknya juga menjelaskan pula nilai keterandalan/sumbangan yang diperoleh dari hubungan tersebut. Di samping itu juga perlu dijelaskan terkait kondisi tertentu yang sekiranya berpotensi berpengaruh selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64658

Actions (login required)

View Item View Item