Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui praktikum yang ditunjang asesmen autentik dan etnis terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang pada matakuliah fisiologi hewan / Hilari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui praktikum yang ditunjang asesmen autentik dan etnis terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang pada matakuliah fisiologi hewan / Hilari

Duda, Hilarius Jago (2015) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui praktikum yang ditunjang asesmen autentik dan etnis terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang pada matakuliah fisiologi hewan / Hilari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Duda Jago Hilarius 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Praktikum yang Ditunjang Asesmen Autentik dan Etnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang pada Matakuliah Fisiologi Hewan. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Dr. Hedi Sutomo SU dan (III) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata kunci pembelajaran berbasis masalah praktikum asesmen autentik etnis kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains sikap ilmiah. Salah satu penentu kualitas pendidikan adalah keberhasilan pendidikan pada perguruan tinggi.Model atau pola perkuliahan merupakan aspek penting dalam proses pendidikan. Model pembelajaran konvensional sebagian besar masih mendominasi pola perkuliahan di program studi pendidikan biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat.Model tersebut belum optimal dalam memberdayakankemampuan berpikir kritis mengembangkan keterampilan proses sains dan meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa. Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakanpembelajaran konstruktivistik yang berpotensimemberdayakan kemampuan berpikir kritis mengembangkan keterampilan proses sains dan meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa. Penggunaan PBM telah mengungkapkan berbagai kelebihan tetapi di samping itu terdapat kekurangan dari model pembelajaran ini yaitu eksplorasi bebas dari lingkungan yang sangat kompleks dapat menghasilkan beban kerja memori menjadi lebih berat yang dapat merugikan pebelajar. Oleh karena itu metode pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi kekurangan PBMyaitumetode praktikum dimana pembelajaran pemecahan masalah lebih fokus melalui praktikum dan untuk lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis ditunjang dengan penggunaan asesmen autentik. Berbagai riset menunjukkan bahwa metode praktikum dan asesmen autentik berpotensi untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBM PBMmelalui praktikum yang ditunjang asesmen autentik dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa etnis Dayak dan Melayu pada perkuliahan Fisiologi Hewan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design pola faktorial 3 x 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modelpembelajaran yang terdiri atas 3 jenis yaitu modelPBM PBM melalui praktikum yang ditunjang asesmen autentik dan pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas sedangkan variabel moderator yaitu etnis Melayu dan etnis Dayak. Variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains angket sikap ilmiah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan angket tanggapan mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan anakova.Sebelum uji anakova dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas data dan homogenitas varian.Uji normalitas menggunakan uji one sample Kolmogorov-Smirnov.Uji homogenitas varian menggunakan uji Levene s test of equality of error variances.Signifikan perbedaan nilai rata-rata variabel menggunakan uji LSD.Uji LSD merupakan uji lanjut untuk mengetahui besarnya rata-rata perbedaan. Perhitungan statistik menggunakan program SPSS versi 21 dengan taraf signifikansi 0 05 (p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64640

Actions (login required)

View Item View Item