Pengaruh strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) diintegrasikan dengan peta konsep dan gender terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kristis, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi siswa SMA di Kota Banjarmasin / Siti Ram - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) diintegrasikan dengan peta konsep dan gender terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kristis, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi siswa SMA di Kota Banjarmasin / Siti Ram

Ramdiah, Siti (2015) Pengaruh strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) diintegrasikan dengan peta konsep dan gender terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kristis, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi siswa SMA di Kota Banjarmasin / Siti Ram. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R diintegrasikan dengan peta konsep terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi serta retensi siswa SMA di kota Banjarmasin (2) mengetahui pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi serta retensi siswa kelas XI SMA di kota Banjarmasin (3) mengetahui pengaruh interaksi strategi PQ4R diintegrasikan dengan peta konsep dan gender terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa SMA di kota Banjarmasin. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan model rancangan nonequivalent prates-post test control group design . Populasi adalah siswa SMA Negeri dan Swasta di kota Banjarmasin dan Jumlah total sampel pada penelitian ini yaitu 96 siswa terdiri atas 48 siswa putra dan 48 siswa putri. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan data dari setiap variabel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis kovariansi (anacova) serta uji lanjut leas significance difference (LSD) menggunakan bantuan program SPSS versi 17 for Windows. Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran PQ4R peta konsep PQ4R diintegrasikan dengan peta konsep dan konvensional terhadap keterampilan metakognitif berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi serta retensi siswa kelas XI IPA SMA di kota Banjarmasin. Berdasarkan hasil analisis perbedaan gender mempengaruhi keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kelas XI IPA SMA di kota Banjarmasin secara signifikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PQ4R peta konsep PQ4R diintegrasikan dengan peta konsep konvensional dan gender terhadap retensi siswa kelas XI IPA SMA di kota Banjarmasin namun interaksi tersebut tidak terdapat pada variabel keterampilan metakognitif berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMA di kota Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64634

Actions (login required)

View Item View Item