Sukarsono (2014) Model pendidikan konservasi keanekaragaman hayati hutan rakyat pada Pesantren Annuqayah di Kabupaten Sumenep Jawa Timur / Sukarsono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sukarsono 2014 Model Pendidikan Konservasi Keanekaragaman Hayati Hutan Rakyat pada Pesantren Annuqayah di Kabupaten Sumenep - Jawa Timur. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Agr. Moh. Amin MPd. MSc (II) Prof. Dr. Ir. Soemarno M.S (III) Dr. Facthur Rohman M.Si. Kata kunci pendidikan konservasi keanekaragaman hayati pesantren 12288 12288 12288 12288 Penelitian bertujuan untuk mengetahui model pendidikan dilihat dari aspek nilai-nilai strategi dan metode pembelajaran pengetahuan nilai-nilai instrumental perilaku dan nilai-nilai akhir pendidikan konservasi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dan lokasi hutan rakyat yang menyebar di tiga tempat yaitu Desa Guluk-Guluk Kecamatan Guluk-Guluk Desa Aengpanas Kecamatan Pragaan dan Desa Prancag Kecamatan Pasongsongan. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (deep interview) studi dokumen dan pengamatan berpartisipatif. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi display data dan verifikasi. Validasi data dilakukan dengan memperpanjang waktu keterlibatan pengamatan lapang triangulasi dan pengecekan sejawat melalui Focus Group Committee (FGC). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan konservasi keanekaragaman hayati hutan rakyat di Pesantren Annuqayah dilaksanakan diatas nilai-nilai dasar manusia sebagai khalifah dalam pemeliharaan bumi. Nilai dasar merupakan input kegiatan. Untuk menjabarkan nilai-nilai dasar dilakukan proses berupa penerapkan strategi dan metode pembelajaran. Strategi dibangun melalui Biro Pengabdian Masyarakat dengan tujuan membangun kesadaran dan kebersamaan. Penerapan strategi dilakukan dengan menerapkan metode pemberian teladan ceramah musyawarah dan pemaksaan. Luaran (output) pembelajaran berupa pengetahuan nilai-nilai instrumental dan perilaku. Pengetahuan berupa konsep maupun teknis konservasi. Nilai-nilai konservasi yang terbangun bersifat individual maupun sosial. Sedangkan perilaku konservasi keanekaragaman hayati hutan rakyat menghasilkan luaran lanjutan (outcome) berupa nilai-nilai akhir pendidikan konservasi keanekaragaman hayati hutan rakyat. Nilai-nilai akhir yang dicapai merupakan target yang dituju oleh nilai-nilai dasar yaitu menciptakan dan memelihara keseimbangan atau keharmonisan alam. Nilai-nilai akhir tersebut terdiri dari nilai-nilai spiritual ekologi ekonomi dan sosial
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |