Peningkatan hasil belajar keberagaman budaya melalui model teams games tournament pada siswa kelas IV SDN Melis Kabupaten Ternggalek / Retta Chandra Hesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar keberagaman budaya melalui model teams games tournament pada siswa kelas IV SDN Melis Kabupaten Ternggalek / Retta Chandra Hesti

Hesti, Retta Chandra (2017) Peningkatan hasil belajar keberagaman budaya melalui model teams games tournament pada siswa kelas IV SDN Melis Kabupaten Ternggalek / Retta Chandra Hesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hesti Retta Chandra. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Keberagaman Budaya Melalui Model Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SDN Melis Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar model teams games tournament Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tematik di kelas IV SDN Melis Kabupaten Trenggalek terdapat beberapa permasalahan (1) siswa kurang berpatisipasi dalam kegiatan pembelajaran (2) guru kurang membimbing siswa saat pada saat pembelajaran berlangsung (3) siswa kurang antusias dalam pembelajaran karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik (4) hasil belajar masih rendah dari 17 siswa bahwa 11 siswa belum tuntas dan 6 siswa tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keberagaman budaya melalui model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas IV di SDN Melis Kabupaten Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model Teams Games Tournament dalam pembelajaran tematik muatan IPS khususnya pada materi keberagaman budaya diperoleh persentase hasil belajar siswa meningkat dari tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Pada rata-rata aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 76 6% dan pada siklus II memperoleh sebesar 96 95%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77 75% dan pada siklus II 89 5%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77 6% dengan rata-rata ketuntasan klasikal 76 35%. Dan siklus II 86 6% dengan rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran keberagaman budaya. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan model Teams Games Tournamnet pada pembelajaran tematik supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6463

Actions (login required)

View Item View Item