Pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair-Share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA multietnis di Kota Samarinda / Didimus Tanah Boleng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair-Share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA multietnis di Kota Samarinda / Didimus Tanah Boleng

Boleng, Didimus Tanah (2014) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair-Share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA multietnis di Kota Samarinda / Didimus Tanah Boleng. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Boleng Didimus Tanah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Sikap Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Multietnis di Kota Samarinda. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima M. Pd. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M. Sc. Ph. D. (III) Dr. H. Ibrohim M. Si. Kata Kunci Cooperative Script Think-Pair-Share Keterampilan Berpikir Kritis Sikap Sosial Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Multietnis. 12288 12288 12288 12288 Kota Samarinda merupakan daerah tujuan pencari kerja yang berasal dari hampir seluruh wilayah di Indonesia dengan latar belakang etnis yang berbeda-beda (multietnis). Hasil survei awal pada siswa kelas XI IPA SMA pada bulan September 2011 dan bulan Januari 2012 menunjukkan keadaan siswa yang multietnis serta keterampilan berpikir kritis sikap sosial dan hasil belajar kognitif biologi siswa masih rendah. Pengelolaan proses belajar mengajar biologi pada siwa multietnis diperlukan model pembelajaran Cooperative Script (CS) dan Think-Pair-Share (TPS) yang memungkinkan siswa dapat bekerja mandiri bekerja sama dalam kelompok kecil dan dapat berbagi dengan kelompok lain. Dengan demikian maka memungkinkan siswa untuk lebih memahami materi pelajaran bersifat kritis dalam mengemukakan pendapat serta memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain dalam kelompok walaupun mereka memiliki latar belakang etnis yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (CS TPS CS TPS dan konvensional) etnis siswa (Jawa Bugis Banjar dan Kutai) serta interaksi model pembelajaran dan etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis sikap sosial dan hasil belajar kognitif biologi siswa multietnis SMA di Kota Samarinda. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian eksperimen semu ini dilakukan di kelas XI IPA SMA di Kota Samarinda dengan mengambil enam kelas yang homogen berdasarkan etnis dan nilai Ujian Nasional (UN) SMP siswa. Jumlah sampel yang diambil adalah 132 orang siswa untuk empat etnis siswa (Jawa Bugis Banjar dan Kutai) pada enam kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA) pada taraf siginikansi 5% (p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64629

Actions (login required)

View Item View Item