Pengembangan model pembelajaran berbasis projek dengan multimedia pada pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa Sekolah dasar vdan Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu / Ratna Djuniwati Lisminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran berbasis projek dengan multimedia pada pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa Sekolah dasar vdan Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu / Ratna Djuniwati Lisminingsih

Lisminingsih, Ratna Djuniwati (2013) Pengembangan model pembelajaran berbasis projek dengan multimedia pada pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa Sekolah dasar vdan Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu / Ratna Djuniwati Lisminingsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran berbasis projek multimedia pendidikan lingkungan hidup kecakapan hidup sekolah dasar madrasah ibtidaiyah kota Batu Permasalahan di dalam pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah kota Batu berhasil diidentifikasi yaitu terbatasnya perangkat pembelajaran materi pembelajaran belum sesuai dengan kurikulum terbatasnya sumber dan media yang relevan organisasi pembelajaran yang belum baik terjadi kesalahan konsep materi pembelajaran serta belum mengintegrasikan multimedia di dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat mem-pengaruhi kecakapan hidup yang dimiliki siswa. Kecakapan hidup diperlukan un-tuk menghadapi dan mengatasi permasalahan lingkungan hidup. Kecakapan hi-dup dapat berkembang di dalam lingkungan belajar yang bermakna. Model Pem-belajaran Berbasis Projek dengan Multimedia memiliki potensi meningkatkan ke-cakapan hidup siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multimedia dan perangkat pendukungnya yang sesuai untuk mengatasi dan meningkatkan kecakapan hidup dan (2) mengkaji keefektifan model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multi- media dan produk pendukungnya untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa Se-kolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah kota Batu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan Borg dan Gall (1983). Model pembelajaran dan perangkat yang dikembangkan telah melalui va-lidasi uji coba dan revisi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa model Pem-belajaran Berbasis Projek dengan Multimedia dan perangkat pendukungnya layak untuk digunakan. Uji coba lapangan skala kecil dan lapangan skala besar dilaku-kan dengan menggunakan rancangan pretest-postest group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Analisis data hasil uji coba dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multimedia (2) buku Pembelajaran Berbasis Projek To-pik Energi untuk Siswa kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (3) DVD Pembelajaran Berbasis Projek Topik Energi dan (4) buku Panduan Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multimedia Topik Energi untuk Gu- ru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Kecakapan hidup siswa Sekolah Da- sar dan Madrasah Ibtidaiyah di kota Batu meningkat setelah penggunaan model meskipun hasilnya masih di bawah kriteria ketuntasan minimum. Terdapat perbe- daan nilai tugas projek di antara lokasi uji coba. Nilai tugas projek siswa di SDN Sisir 01 lebih rendah dibandingkan dengan di SDN Dadaprejo 01. Perbedaan nilai tersebut mempengaruhi nilai kecakapan hidup. Aspek kecakapan hidup yang ber- beda di kedua lokasi adalah kecakapan berpikir kecakapan berkomunikasi keca- kapan melakukan penyelidikan dan kecakapan membuat produk sedangkan as-pek kesadaran diri dan kecakapan bekerjasama tidak berbeda. Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multimedia memberikan kontribusi di dalam peningkatan kecakapan hidup. Kecakapan yang dapat diting-katkan adalah kecakapan generik dan spesifik. Kecakapan generik yang dikem-bangkan terdiri atas kecakapan personal (kesadaran diri dan kecakapan berpikir) serta kecakakanpan sosial (kecakapan berkomunikasi dan kecakapan bekerjasa-ma). Kecakapan spesifik yang dapat dikembangkan adalah kecakapan akademik (kecakapan melaksanakan penyelidikan atau penelitian) dan kecakapan vokasional (kecakapan membuat produk atau artefak). Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multimedia dapat digunakan sebagai model prosedural untuk menghasilkan sesuatu produk yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan kecakapan hidup. Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Multimedia juga telah memberikan kepuasan kepada siswa di dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64626

Actions (login required)

View Item View Item