Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis cooperative script dipadu problem based learning melalui lesson study di SMA Ngeri Kabupaten Lombok Timur / Syamsul Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis cooperative script dipadu problem based learning melalui lesson study di SMA Ngeri Kabupaten Lombok Timur / Syamsul Hadi

Hadi, Syamsul (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis cooperative script dipadu problem based learning melalui lesson study di SMA Ngeri Kabupaten Lombok Timur / Syamsul Hadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perangkatpembelajaran cooperative script problem based learning lesson study Penelitianinidilatarbelakangiolehkesenjanganantaraharapandankenyataanpembelajaranbiologi.Harapanpembelajaranbiologiyaitu menguasaikemampuankognitif siswamembangunkonsepsendiri guru sebagaifasilitator danpenilaiandilakukansecaraautentik.Kenyataanpembelajaranbiologiyaitu kemampuankognitif yang diberdayakanmasihpadatarafrendah siswaterorientasimenghapalkonsep guru mengajartidakterorientasipadakompetensidasar danpenilaianterorientasipadaprodukdanmenggunakantes.Penelitian bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis strategi Cooperative Script dan Problem Based Learning dan Cooperative Script dipadu Problem Based Learning melalui kegatan Lesson Study. Pengembangan merujuk pada model four-D (4-D) dari Thiagarhajan yaitu tahap define tahap desain tahap develop dan disseminate. Tahap develop mengintegrasikan kegiatan Lesson Studyyang dijadikan sarana memvalidasi perangkat pembelajaran. Kegiatan Lesson Studyjuga dijadikan sarana untuk melatih guru biologi merancang perangkat pembelajaran (plan) mengimplementasikannya (do) dan merefleksi kegiatan implementasinya (see). Tahap Disseminate dilakukan melalui dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan (1) perangkat pembelajaran sangat layak atau sangat sesuai digunakan sebagai panduan pembelajaran biologi di SMA (2) Pengembangan perangkat dapat dilakukan melalui kegiatan Lesson Study (3) produkperangkatpembelajaranterdiridari Silabus RPP LKS Buku Ajar danInstrumenAsesmen.Perangkatpembelajaran yang dihasilkanmasing-masingberbasispembelajaranCooperetaive Script Problem Based Learning danCooperative Script dipaduProblem Based Learning.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64625

Actions (login required)

View Item View Item