Pengaruh pembelajaran reading questioning and answering dipadu think pair share berbasis lesson study terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah anatomi tumbuhan / Hasanuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran reading questioning and answering dipadu think pair share berbasis lesson study terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah anatomi tumbuhan / Hasanuddin

Hasanuddin (2013) Pengaruh pembelajaran reading questioning and answering dipadu think pair share berbasis lesson study terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah anatomi tumbuhan / Hasanuddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci RQA dipadu TPS Keterampilan Metakognisi Hasil Belajar Kognitif Lesson study. Keterampilan metakognisi dan kemampuan berpikir mahasiswa secara lebih baik dan terencana belum diberdayakan pada perkuliahan Anatomi Tumbuhan di FKIP Universitas Syiah Kuala. Selain itu perangkat pembelajaran yang digunakan belum merupakan hasil sharing bersama tim pengampu matakuliah. Oleh karena itu diperlukan strategi perkuliahan dengan perangkat yang dibahas bersama sehingga proses pembelajaran bermakna bagi dosen dan mahasiswa. Penelitian terdiri dari dua tahap yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan tahap penerapan perangkat hasil pengembangan tersebut di kelas. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan melalui lesoon study menggunakan model Research and Development mengacu pada model 4-D dari Thiagarajan yaitu define design develop dan disseminate. Data yang diperoleh terdiri dari silabus RPP bahan ajar asesmen. dan instrumen. Selain itu juga dihasilkan data kemampuan merangkum menyusun pertanyaan kemampuan presentasi dan kemampuan diskusi kelas. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Penerapan perangkat pembelajaran di kelas dilakukan melalui kegiatan lesson study. Rancangan penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian adalah 30 mahasiswa berdasarkan kemampuan akademik dan asal sekolah yang memprogramkan matakuliah Anatomi Tumbuhan tahun akademik 2011/2012.Variabel bebas penelitian adalah strategi pembelajaran RQA dipadu TPS. Variabel moderator adalah kemampuan akademik dan asal sekolah. Variabel terikat terdiri atas keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif. Penelitian eksperimen juga dilakukan melalui lesson study. Data hasil penerapan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menghitung N-Gain. Hasil penelitian pengembangan diperoleh Struktur perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan strategi RQA dipadu TPS melalui lesson study yang telah divalidasi berpotensi meningkatkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil penelitian penerapan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh (1) Ada perbedaan keterampilan metakognisi mahasiswa berdasarkan kemampuan akademik akibat penerapan perangkat pembelajaran RQA dipadu TPS melalui kegiatan lesson study. Rata-rata skor N-Gain keterampilan metakognisi mahasiswa berkemampuan akademik tinggi adalah 25 58 dan mahasiswa berkemampuan akademik rendah adalah 11 96. (2) Ada perbedaan keterampilan metakognisi mahasiswa berdasarkan asal sekolah akibat penerapan perangkat pembelajaran RQA dipadu TPS melalui kegiatan lesson study. Rata-rata skor N-Gain keterampilan metakognisi untuk SMA adalah 20 60 dan MA adalah 15 45. (3) Ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa berdasarkan kemampuan akademik akibat penerapan perangkat pembelajaran RQA dipadu TPS melalui kegiatan lesson study. Rata-rata skor N-Gain mahasiswa berkemampuan akademik atas adalah 52 10 dan mahasiswa berkemampuan akademik bawah adalah 42 61. (4) Ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa berdasarkan asal sekolah akibat penerapan perangkat pembelajaran RQA dipadu TPS melalui kegiatan lesson study. Rata-rata skor N-Gain hasil belajar kognitif mahasiswa yang berasal dari SMA adalah 53 86 dan MA adalah 46 26. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Kepada pimpinan Universitas Syiah Kuala diharapkan agar dalam penyusunan kurikulum memikirkan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan metakognisi dan keterampilan berpikir mahasiswa. (2) Kepada para dosen hendaknya membiasakan berkolaborasi dan melakukan refleksi dalam merencanakan dan mempraktikkan perkuliahannya. (3) Kepada tim pengampu matakuliah Anatomi Tumbuhan dan matakuliah lainnya untuk melakukan kegiatan lesson study dalam mempersiapkan perangkat dan pelaksanaan perkuliahannya. (4) Penelitian ini masih perlu ditindaklanjuti dengan penelitian lain yang menerapkan strategi pembelajaran dengan tujuan mengukur ranah afektif dan ranah psikomotorik keterampilan metakognisi dan keterampilan berpikir pada mahasiswa berkemampuan akademik dan asal sekolah berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64623

Actions (login required)

View Item View Item