Peningkatan hasil belajar matematika KPK dan FPB melalui model experiental learning pada siswa kelas IV SDN 2 Gandusari Kabupateng Trenggalek / Yanu Indah Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika KPK dan FPB melalui model experiental learning pada siswa kelas IV SDN 2 Gandusari Kabupateng Trenggalek / Yanu Indah Lestari

Lestari, Yanu Indah (2017) Peningkatan hasil belajar matematika KPK dan FPB melalui model experiental learning pada siswa kelas IV SDN 2 Gandusari Kabupateng Trenggalek / Yanu Indah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Yanu Indah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika KPK dan FPB Melalui Model Experiental Learning pada Siswa Kelas IV SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (II) Yuniawatika S.Pd M.Pd. Kata kunci Hasil Belajar KPK dan FPB Model Experiental Learning Berdasarkan observasi pada pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas IV B SDN II Gandusari Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa hasil belajar sebagian siswa masih rendah hal ini bisa dilihat dari 16 siswa sebanyak 10 siswa (62 5%) yang belum tuntas belajar dan hanya 6 siswa (37 5%) yang tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran. Pada saat pembelajaran siswa yang pandai cenderung mendominasi sedangkan siswa yang kurang pandai cenderung pasif. Sehingga hasil belajarnya kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model experiental learning pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV SDN II Gandusari Kabupaten Trennggalek melalui model experiental learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas IV B sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 83% kriteria baik meningkat pada siklus II sebesar 96% kriteria sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79 % kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Terjadi peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan sikap dan keterampilan. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada tahap pratindakan mencapai nilai rata-rata kelas 65 94 dan ketuntasan klasikal 62 5%. Setelah dilaksanakan siklus I hasil belajar aspek pengetahuan mencapai rata-rata 71 59 dan ketuntasan klasikal menjadi 72%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata mencapai 89 5 dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Aspek keterampilan dan sikap dari siklus I sampai II juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model Experiental Learning pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB dapat dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah model Experiental Learning serta dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan guru dapat mengembangkan model Experiental Learning pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item View Item